MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP BANGUN RUANG MENGGUNAKAN MODEL PAIR CHECK BERBANTUAN MEDIA VISUAL TIGA DIMENSI PADA SISWA KELAS V SD ISLAM SEMESTA KHATULISTIWA TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Show simple item record

dc.contributor.advisor Khairawati, Khairawati
dc.contributor.advisor Zulkarnain, Zulkarnain
dc.contributor.author Kumalasari, Maya
dc.date.accessioned 2023-02-23T01:47:17Z
dc.date.available 2023-02-23T01:47:17Z
dc.date.issued 2022-07-22
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2392
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap: 1) Kemampuan pemahaman konsep bangun ruang sebelum menggunakan model pembelajaran pair check berbantuan media visual tiga dimensi; 2) Penggunaan model pair check berbantuan media visual tiga dimensi terhadap peningkatan pemahaman konsep bangun ruang; 3) Kemampuan pemahaman konsep bangun ruang setelah menggunakan model pembelajaran pair check berbantuan media visual tiga; 4) Peningkatan yang signifikan kemampuan pemahaman konsep bangun ruang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian PTK dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Terdiri dari 2 siklus yang mana data diambil dari hasil pre-test dan post test, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka penelitian menyimpulkan bahwa: 1) Penggunaan model pair check berbantuan media visual tiga dimensi terhadap kemampuan pemahaman konsep bangun ruang dengan pencapaian presentase kelulusan klasikal akhir sebesar 81,33. 2) Kemampuan pemahaman konsep bangun ruang sebelum menggunakan model pair check berbantuan media visual tiga dimensi belum mencapai KKM, adapun kemampuan pemahaman konsep bangun ruang siswa sebesar 38,2, dengan kriteria kelulusan 70 dan presentase kelulusan klasikal sebesar 20% dari jumlah seluruh siswa kelas V. 3) Kemampuan pemahaman konsep bangun ruang setelah menggunakan model pair check berbantuan media visual tiga pada siklus I rata-rata kemampuan pemahaman konsep bangun ruang sudah mencapai KKM sebesar 70,97 dengan presentase kelulusan klasikal 66,7% sedangkan pada siklus II rata-rata kemampuan pemahaman konsep bangun ruang mencapai 81,33 dengan presentase ketuntasan klasikal sebesar 90% . 4) Terdapat peningkatan yang signifikan pada kemampuan pemahaman konsep bangun ruang setelah menggunakan model pair check berbantuan media visual tiga dimensi dari hasil Uji Sampel T Test menyatakan bahwa nilai sig (2-tailed) sebesar 0,140 mengartikan bahwa 0,140 lebih kecil daripada 0,05 maka dinyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Kemampuan Pemahaman Konsep Bangun Ruang en_US
dc.subject Model Pair Check Berbantuan Media Visual Tiga Dimensi en_US
dc.title MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP BANGUN RUANG MENGGUNAKAN MODEL PAIR CHECK BERBANTUAN MEDIA VISUAL TIGA DIMENSI PADA SISWA KELAS V SD ISLAM SEMESTA KHATULISTIWA TAHUN PELAJARAN 2021/2022 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account