dc.contributor.author |
الصالحة ولدة |
|
dc.date.accessioned |
2022-12-05T02:33:34Z |
|
dc.date.available |
2022-12-05T02:33:34Z |
|
dc.date.issued |
2022 |
|
dc.identifier.uri |
https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1882 |
|
dc.description.abstract |
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk menemukan struktur kalimat
Jumlah Fi’liyah dan Jumlah Ismiyah yang terdapat dalam Surah Al-Mulk; 2) Untuk
menentukan besar pengaruh pembelajaran terjemah melalui analisis struktur
Jumlah Fi’liyah dan Jumlah Ismiyah dalam surah Al-Mulk terhadap kemampuan
menerjemah peserta didik kelas VIII MTs ALMADANI PONTIANAK tahun
ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan
menggunakan metode eksperimen dan jenis penelitian lapangan. Instrumen
pengumpulan data menggunakan tes tertulis.
Populasi penelitian dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas
VIII MTs TI Al-Madani Pontianak Tahun Ajaran 2021/2022. Dan yang menjadi
sampel dalam penelitian ini adalah kelas 8A yang berjumlah 26 siswa sebagai kelas
kontrol dan kelas 8B yang berjumlah 28 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik
analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dengan menggunakan
rumus Effect Size.
Hasil Penelitian ini adalah: 1) Terdapat 24 Jumlah Fi’liyah dalam surah Al-
Mulk. Dan terdapat 15 Jumlah Ismiyah dalam surah Al-Mulk. 2) Dari hasil
perhitungan menggunakan rumus effect size, besar pengaruh pembelajaran terjemah
melalui analisis Jumlah Fi’liyah dan Jumlah Ismiyah dalam surah Al-Mulk
terhadap kemampuan menerjemah peserta didik kelas VIII MTs TI Almadani
Pontianak tahun ajaran 2021/2022 tergolong tinggi, yakni 1,66 > 0,8. |
en_US |
dc.language.iso |
ar |
en_US |
dc.publisher |
IAIN PONTIANAK |
en_US |
dc.subject |
ilmu terjemah |
en_US |
dc.subject |
jumlah fi’liyah |
en_US |
dc.subject |
jumlah ismiyah |
en_US |
dc.title |
الملك سورة في الجمل تحليل الل خ من الترجمة تعليم |
en_US |
dc.title.alternative |
) TI ( ات المعلوم "تكنولوجيا بمدرسة الثامن الفصل لتالميذ تجريبي بحث بونتياناك الثانوية المدني" |
en_US |
dc.title.alternative |
٢۰٢١ / ٢۰٢٢ الدراسي العام |
en_US |
dc.type |
Skripsi |
en_US |