‫العربيّة‬ ‫اللغة‬ ‫ة‬ ‫ماد‬ ‫ّ‬ ‫يف‬ ‫املفردات‬ ‫حفظ‬ ‫قدرة‬ ‫على‬ ‫الصور‬ ‫ختمني‬ ‫ألغاز‬ ‫لعبة‬ ‫فعالية‬ ‫االبتدائيّة‬ ‫‪2‬‬ ‫العلما‬ ‫ضهةة‬ ‫دمدرةة‬ ‫الاال‬ ‫لصّ‬ ‫ّ‬ ‫اب‬ ‫التالميذ‬ ‫لدى‬ ‫‪2222‬‬ ‫‪/‬‬ ‫‪2222‬‬ ‫الدراةي‬ ‫العام‬ ‫ببونتياانك‬ ‫األهلية‬ ‫االةالميّة‬

Show simple item record

dc.contributor.author ‫بلقيس‬
dc.date.accessioned 2022-11-30T10:43:31Z
dc.date.available 2022-11-30T10:43:31Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1861
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui kemampuan menghafal mufrodat peserta didik sebelum menggunakan permainan puzzle tebak gambar pada mata pelajaran bahasa arab Kelas III MIS NU 2 Pontianak Tahun Ajaran 2021/2022? 2) Untuk mengetahui kemampuan menghafal mufrodat peserta didik sesudah menggunakan permainan puzzle tebak gambar pada mata pelajaran bahasa arab Kelas III MIS NU 2 Pontianak Tahun Ajaran 2021/2022? 3) Untuk mengetahui efektivitas permainan puzzle tebak gambar terhadap kemampuan menghafal mufrodat peserta didik pada mata pelajaran bahasa arab Kelas III MIS NU 2 Pontianak Tahun Ajaran 2021/2022? Jenis penelitian pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan desain penelitian yang digunakan yaitu One Group Pretest Posttest Design yaitu eksperimen yan dilaksanakan pada satu kelompok saja tanpa kelompok pembanding. Pada desain ini menggunakan pretest sebelum diberi perlakuan. Dengan demikian hasil perlakuan dapat dibandingkan dengan keadaan sebelum perlakuan. Populasi dari penelitian ini adalah semua peserta didik kelas III MIS NU 2 Pontianak dengan jumlah 19 orang. Sedangkan sampel yang peneliti gunakan yaitu sampling jenuh ialah teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes kemampuan menghafal mufrodat. Teknik analisis data yan digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan uji N-Gain Score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan menghafal mufrodat siswa sebelum menggunakan permainan puzzle tebak gambar pada mata pelajaran bahasa arab kelas III MIS NU 2 Pontianak memperoleh rata-rata sebesar 75.26 yang termasuk dalam kategori sedang. 2) Kemampuan menghafal mufrodat siswa sesudah menggunakan permainan puzzle tebak gambar pada mata pelajaran bahasa arab kelas III MIS NU 2 Pontianak memperoleh rata-rata sebesar 90.79 yang termasuk dalam kategori sangat tinggi. 3) Efektivitas permainan puzzle tebak gambar terhadap kemampuan menghafal mufrodat peserta didik pada mata pelajaran bahasa arab Kelas III MIS NU 2 Pontianak dikategorikan cukup efektif. Hal ini dibuktikan bahwa hasil uji N-Gain Score pada N-Gain Persen diperoleh skor mean sebesar 73.9541 yakni berada pada interval 56-75. en_US
dc.language.iso ar en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Permainan Puzzle Tebak Gambar en_US
dc.subject Kemampuan Menghafal Mufrodat en_US
dc.title ‫العربيّة‬ ‫اللغة‬ ‫ة‬ ‫ماد‬ ‫ّ‬ ‫يف‬ ‫املفردات‬ ‫حفظ‬ ‫قدرة‬ ‫على‬ ‫الصور‬ ‫ختمني‬ ‫ألغاز‬ ‫لعبة‬ ‫فعالية‬ ‫االبتدائيّة‬ ‫‪2‬‬ ‫العلما‬ ‫ضهةة‬ ‫دمدرةة‬ ‫الاال‬ ‫لصّ‬ ‫ّ‬ ‫اب‬ ‫التالميذ‬ ‫لدى‬ ‫‪2222‬‬ ‫‪/‬‬ ‫‪2222‬‬ ‫الدراةي‬ ‫العام‬ ‫ببونتياانك‬ ‫األهلية‬ ‫االةالميّة‬ en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account