Abstract:
Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan suatu produk yang dimana
produk ini berupa buku pendamping tematik yang berkaitan dengan kearifan
lokal guna memperkenalkan kearifan lokal kepada peserta didik sesuai dengan
daerah tempat tinggalnya khususnya di Kalimantan Barat.
Metode atau model penelitian pengembangan yang digunakan adalah
model 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate) yang telah diadaptasi, yaitu
dengan tahapan penelitian pengembangan sebagai berikut 1) Penemuanproduk, 2)
Pembuatan produk, 3) Pengembangan produk dan 4) Diseminasi produk.
Hasil penilaian validator ahli Desain Sampul (cover) dan Desain Isi
Buku pada pengembangan bahan ajar berbasis kearifan lokal Kalimantan Barat
kelas III tema 1 dan 2 mendapatkan nilai persentase 98,50 %. Hasil penilaian
validator ahli bahasa pada pengembangan bahan ajar berbasis kearifan lokal
Kalimantan Barat kelas III Tema 1 dan 2 Mendapatkan nilai persentase 90 %.
Hasil dari penilaian validator ahli kelayakan isi materi pada pengembangan
bahan ajar berbasis kearifan lokal Kalimantan Barat kelas III Tema 1 dan 2
Mendapatkan nilai persentase 90%. Hasil penilaian validator ahli penyajian
materi pada pengembangan bahan ajar berbasis kearifan lokal Kalimantan Barat
kelas 3 Tema 1 dan 2 Mendapatkan nilai persentase sebesar 97%. Hasil dari dari
penilaian validator ahli Aspek kelayakan dalam penggunaan bahan ajar berupa
buku siswa kelas III berbasis kearifan lokal Kalimantan Barat Tema 1 dan 2
mendapatkan nilai persentase sebesar 100%.
Berdasarkan paparan di atas, dapat disimpulkan bahwa produk bahan ajar
tematik berbasis kearifan lokal Kalimantan Barat kelas III Tema 1 dan 2 layak
dan dapat dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran di kelas.