PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING PADA TEMA 4 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 3 INTERAKSI MANUSIA DI KELAS V MIN 2 LANDAK TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Show simple item record

dc.contributor.advisor Muhammad, Marsih
dc.contributor.advisor Asmiati, Syarifah
dc.contributor.author SHAFIRA NURJANNAH, ANANDA
dc.date.accessioned 2022-11-27T03:41:04Z
dc.date.available 2022-11-27T03:41:04Z
dc.date.issued 2022-02
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1830
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya aktivitas belajar peserta didik pada pembelajaran IPS. Hal ini dapat dilihat pada proses pembelajaran menunjukkan bahwa aktivitas pembelajaran yang dilakukan di kelas masih kurang. Pembelajaran yang dilakukan masih berpusat pada guru, metode yang diterapkan masih kurang efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan:1) Aktivitas belajar peserta didik sebelum menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing. 2) Pelaksanaan aktivitas belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing. 3) Aktivitas belajar peserta didik setelah menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing. 4) peningkatan aktivitas belajar peserta didik setelah menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan empat tahap, yakni: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi dengan menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi pedoman dokumentasi dan pedoman wawancara (sebagai pelengkap). Teknik analisis data menggunakan rumus persentase. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa 1) Pada pra siklus sebelum menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing aktivitas fisik peserta didik yang aktif 43,75%, aktivitas mental peserta didik 35,42%, dan aktivitas emosional peserta didik 47,92%. 2) Pelaksanaan yang digunakan untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran ST,dengan langkah-langkah: a) Guru menyampaikan materi b) Guru membentuk kelompok dan memanggil masing-masing ketua kelompok c) ketua kelompok kembali ke kelompoknya kemudian menjelaskan yang telah disampaikan guru d) peserta didik diberikan satu lembar kertas untuk menuiskan satu pertanyaan e) kemudian kertas dibentuk deperti bola dan dilempar secara bergilir selama kurang lebih 15 menit f) setelah mendapatkan satu pertanyaan, peserta didik diberikan kesempatan untuk menjawab pertanyaan tersebut g) evaluasi h) penutup 3) Setelah menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing terdapat peningkatan aktivitas belajar peserta didik yaitu pada siklus I aktivitas fisik meningkat menjadi 62,5%, sedangkan aktivitas mental 54,17%, dan untuk aktivitas emosional 66,67% dan pada siklus II aktivitas fisik peserta didik 85,94%, pada aktivitas mental meningkat menjadi 81,25%, dan pada aktivitas emosional 87,5%. 4) Melihat dari kedua siklus tersebut peneliti menyatakan terdapat peningkatan aktivitas belajar peserta didik setelah menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing. Sehingga tingkat keberhasilan peserta didik termasuk dalam kriteria sangat baik. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Aktivitas Belajar en_US
dc.subject Model Pembelajaran Snowball Throwing en_US
dc.title PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING PADA TEMA 4 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 3 INTERAKSI MANUSIA DI KELAS V MIN 2 LANDAK TAHUN PELAJARAN 2020/2021 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account