Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya sejumlah peserta didik yang nilainya
belum mencapai KKM pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Nilai yang
belum mencapai KKM itu dapat disebabkan berbagai faktor yang salah satunya
adalah metode yang diterapkan. Oleh karena itu dalam penelitian ini dicoba
menerapkan metode example non example divariasikan dengan media konkret
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Penelitian
Kuasi eksperimen. Lokasi penelitiannya adalah di SDIT Haruniyah Pontianak dan
sumber datanya adalah peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah angket untuk memperoleh data Penerapan Metode Example non Example,
dan pengukuran dengan tes pilihan ganda untuk mendapatkan data hasil belajar
peserta didik. Alat pengumpulan datanya adalah dengan tes tertulis. Data yang
didapat dianalisis dengan analisis deskriptif, dan analisis regresi.
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan tentang: 1) Hasil belajar IPA
sebelum menggunakan Metode Example non Example divariasikan dengan media
Konkret. 2) Hasil belajar IPA setelah menggunakan Metode Example non
Example divariasikan dengan media Konkret. 3) Pengaruh Metode Example non
Example divariasikan dengan media Konkret terhadap hasil belajar IPA.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan: 1) Hasil Belajar IPA peserta didik
sebelum menggunakan Metode Example non Example divariasikan dengan media
Konkret nilai rata-ratanya sebesar 38,25 berkategori rendah. 2) Hasil Belajar IPA
peserta didik setelah menggunakan Metode Example non Example divariasikan
dengan media Konkret nilai rata-ratanya sebesar 64,5 termasuk kategori tinggi.
3)hasil penelitian terdapat pengaruh yang signifikan antara Metode Example non
Example divariasikan dengan media Konkret terhadap hasil belajar IPA Hal ini
dapat dibuktikan dengan data hasil menggunakan rumus pada taraf signifikansi
0,05. Pengaruh Metode Example non Example divariasikan dengan Media
Konkret terhadap hasil belajar IPA kelas IV di SDIT Haruniyah Pontianak
menunjukkan T hitung t tabel (4916 1989) Maka Ho ditolak, Ha diterima dengan
signifikasi (0,000 < 0,05) maka Ho ditolak. Artinya Ha diterima dalam kata lain
Metode Example non Example divariasikan dengan Media Konkret berpengaruh
terhadap hasil Belajar IPA.