Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang dialami peserta
didik tentang rendahnya hasil belajar IPA sehingga diperlukan strategi
pembelajaran yang tepat. Strategi time token dan media picture puzzle
dianggap dapat meningkatkan hasil belajar dan memberikan pengaruh pada
proses kegiatannya.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) hasil belajar
sebelum menggunakan strategi time token berbantuan media picture puzzle;
2) proses penggunaan strategi time token berbantuan media picture puzzle;
3) hasil belajar peserta didik setelah menggunakan strategi time token
berbantuan media picture puzzle; 4) ada tidaknya pengaruh strategi time
token berbantuan media picture puzzle.
Penelitian ini eksperimen dengan bentuk penelitian one group pretest-
posttest design. Sumber datanya; 1) Sumber data primer adalah peserta didik
kelas IV dan dokumentasi hasil belajar; 2) Sumber data sekunder dalam
penelitian ini adalah hasil observasi penerapan strategi time token
berbantuan media picture puzzle dalam pembelajaran IPA tema 6 subtema 2
peserta didik. Teknik yang digunakan teknik observasi, teknik pengukuran,
dan dokumentasi. Dengan proses kerjanya melakukan analisis deskriptif
data, uji prasyarat dan uji hipotesis dipaparkan secara sistematis konstektual
dan faktual.
Hasil peneliti menyimpulkan bahwa: 1) Hasil belajar peserta didik
sebelum menggunakan strategi time token berbantuan media picture puzzle
memperoleh nilai rata-rata 43,33 dengan jumlah pre-test yang memperoleh
nilai tuntas sebesar 13,33% sebanyak 2 dari 15 peserta didik, belum
mencapai nilai KKM; 2) Proses menggunakan strategi time token
berbantuan media picture puzzle telah dilakukan peneliti dengan membagi 4
kelompok dalam 1 kelas dan membagikan potongan picture puzzle sebagai
kupon berbicara dalam waktu kurang lebih 30 detik. Setiap peserta didik
mempunyai 2 kupon untuk berbicara dan berkesempatan 2 kali menyusun
puzzle. Apabila habis kupon tersebut maka harus bergantian dengan peserta
didik lainnya; 3) Hasil belajar peserta didik setelah menggunakan strategi
time token berbantuan media picture puzzle dengan nilai rata-rata 64,67
menunjukkan hasil belajar mencapai nilai KKM; 4) Terdapat pengaruh yang
signifikan dari penggunaan strategi time token berbantuan media picture
puzzle terhadap hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil perhitungan uji
t dengan nilai sig 0,487 dan nilai probabilitas 0,05 yang artinya 0,487 ≥
0,05.