PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS BANDICAM DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DARING TEMA 2 KELAS II MADRASAH IBTIDAIYAH NAHDLATUL ULAMA II PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Show simple item record

dc.contributor.advisor Dulhadi
dc.contributor.advisor Fathurrosi
dc.contributor.author SA’ADAH, MUFTAHATUS
dc.date.accessioned 2022-11-21T11:11:44Z
dc.date.available 2022-11-21T11:11:44Z
dc.date.issued 2021-12
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1794
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi daring yang mana peserta didik perlu merasakan belajar dengan senang dan memahami materi yang diajarkan oleh guru, dan peneliti ingin mengetahui bagaimana cara Guru Kelas II dalam menggunakan media video berbasis bandicam guna sebagai contoh untuk dapat di terapkan kepada guru-guru yang lain bahkan sekolah-sekolah yang sedang menjalani sistem daring. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi pada Penggunaan Media Video Pembelajaran Berbasis Bandicam dalam Tematik Daring Tema 2 Kelas II Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama II Pontianak Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik analisis deskriptif. Analisis data hasil penelitian diperoleh dari proses mencari dan menyusun secara sistematis, data yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan lapangan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan media video pembelajaran berbasis bandicam pada tema 2 bermain di lingkunganku dengan sistem daring kelas II MIS Nahdlatul Ulama II, untuk persiapan guru langkah awal dalam pembuatan materi dengan microsoft Powerpoint dan dibuat video melalui program Bandicam untuk merekam suara dan gambar yang berisi materi pelajaran yang dibuat dan akan dikirim oleh guru kepada peserta didik, pada tahap pelaksanaan, langkah-langkah yang dilakukan dalam proses pembelajaran secara daring melalui 3 tahap, yakni kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Proses pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran dapat merangsang peserta didik dengan sistem daring menjadi aktif dan timbul adanya interaksi, tentunya dalam penerapan ini terdapat kendala, kendala tersebut bersifat manusiawi, dan solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi kendala yang dihadapi oleh guru, dengan memberikan materi berupa file Powerpoint, dalam penerapan media tersebut peserta didik sangat antusias dan lebih semangat dalam belajar daring serta dapat menarik perhatian sehingga potensi diri peserta didik selama proses pembelajaran terbentuk dan pembelajaran lebih bermakna. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Media video Bandicam en_US
dc.subject Sistem Daring en_US
dc.title PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS BANDICAM DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DARING TEMA 2 KELAS II MADRASAH IBTIDAIYAH NAHDLATUL ULAMA II PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2020/2021 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account