Abstract:
Tujuan dari penelitian ini antara lain untuk mengetahui: 1) Hasil belajar
sebelum menggunakan model Think Pair Share (TPS) dengan media manipulatif
Kantong Bilangan Dalam Pembelajaran Tematik Pada siswa kelas II MIS Darut
Tauhid Sungai Raya, 2) Hasil belajar sesudah menggunakan model Think Pair
Share (TPS) dengan media manipulatif Kantong Bilangan Dalam Pembelajaran
Tematik Pada siswa kelas II MIS Darut Tauhid Sungai Raya, 3) Peningkatan hasil
belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan model Think Pair Share (TPS)
dengan media manipulatif Kantong Bilangan Dalam Pembelajaran Tematik Pada
siswa kelas II MIS Darut Tauhid Sungai Raya.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan
Kelas (PTK) dengan empat tahapan yaitu : 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3)
Pengamatan, 4) Refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian adalah observasi, pengukuran, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data
yang digunakan adalah analisis deskriptif mean dan persentase.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : 1) Hasil belajar
pembelajaran tematik sebelum menggunakan model Think Pair Share dengan
media manipulatif kantong bilangan di kelas II MIS Darut Tauhid Sungai Raya
belum mencapai KKM yang ditentukan dengan rata-rata nilai 61,90 dengan
persentase yang tuntas 33,33%. dengan hanya 7 orang yang mencapai ketuntasan.
2) Hasil belajar pembelajaran tematik sesudah menggunakan model Think Pair
Share dengan media manipulatif kantong bilangan di kelas II MIS Darut Tauhid
Sungai Raya Pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar yaitu 76,19 dengan persentase
ketuntasan sebesar 61,90%. Sedangkan pada siklus II rata-rata hasil belajar yaitu
91,43 dengan persentase ketuntasan sebesar 95,23%. 3) Terdapat peningkatan hasil
belajar yang signifikan dengan menggunakan model Think Pair Share dengan
media manipulatif kantong bilangan pada pembelajaran tematik di kelas II MIS
Darut Tauhid Sungai Raya dengan nilai rata-rata 91,43.