PENERAPAN MODEL ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI KELAS IV SDN 11 PANGKALAN KONGSI

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yusuf Hidayat, Moh.
dc.contributor.advisor Zaini, Akhmad
dc.contributor.author KETY
dc.date.accessioned 2022-11-18T13:27:55Z
dc.date.available 2022-11-18T13:27:55Z
dc.date.issued 2022-02
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1771
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Keterampilan berbicara siswa pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SDN 11 Pangkalan Kongsi sebelum menggunakan model Role Playing. 2) Peningkatan keterampilan berbicara siswa pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SDN 11 Pangkalan Kongsi setelah menggunakan model Role Playing. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV di SDN 11 Pangkalan Kongsi yang berjumlah 31 siswa. Objek penelitian adalah keterampilan berbicara siswa yang memperoleh perlakuan model Role Playing. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif yang diperoleh menggunakan rumus mean yaitu X = dan presentase ketuntasan yaitu P = x 100%. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini uji coba yang digunakan adalah uji coba tes terpakai pada siklus I dan siklus II. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penerapan model Role Playing untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SDN 11 Pangkalan Kongsi yaitu rata- rata nilai siswa pada siklus I sebesar 74,48 dengan presentase ketuntasan sebesar 58,06%. Pada siklus II rata-rata siswa sebesar 83,03 dengan persentase ketuntasan sebesar 87,09% yang termasuk dalam kategori baik. Berdasarkan hasil pengolahan data dan pembahasan data dapat disimpulkan bahwa sebelum menggunakan model Role Playing nilai keterampilan berbicara siswa pada pra siklus yaitu nilai rata-rata siswa sebesar 66,61 dengan persentase ketuntasan sebesar 32,25%. Setelah menggunakan model Role Playing siklus I nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 74,48 dengan persentase ketuntasan sebesar 58,06%. Siklus II rata-rata siswa meningkat menjadi 83,03 dengan persentase sebesar 87,09% Hal ini berarti keterampilan berbicara siswa semakin meningkat dengan menerapkan model pembelajaran Role Playing. Saran pada penelitian ini peneliti tujukan kepada guru, siswa, dan peneliti selanjutnya agar dapat diterapkan dan dikembangkan untuk pengalaman belajar berbahasa. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Keterampilan Berbicara en_US
dc.subject Model Pembelajaran Role Playing en_US
dc.title PENERAPAN MODEL ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI KELAS IV SDN 11 PANGKALAN KONGSI en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account