Abstract:
Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk mengetahui Strategi Rekrutmen
Tenaga Pendidik Pondok Pesantren Mambaul Ulum Al-Machtumiyah. Secara lebih
terperinci, tujuan tersebut dijabarkan dalam 3 point sebagai berikut: 1) perencanaan strategi
rekrutmen: 2) Proses strategi rekrutmen: 3) kerja sama stratgei rekrutmen dengan pihak luar.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan
pendekatan kualitatif. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah pengasuh, pengurus
para tenaga pendidik dan santri aktif. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti
adalah observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan
adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data (display data) dan penarikan
kesimpulan (vertifikasi) tahapan terakhir yang digunakan adalah pengecekan keabsahan data
dengan menggunakan terianggulasi data, member check, dan kecukupan sebuah referensi.
Secara umum hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi rekrutmen yang
dilakukan oleh Pondok Pesantren Mambaul Ulum Al-Machtumiyah telah berjalan baik sesuai
dengan teori manajemen, meskipun terdapat sedikit kekurangan. Secara spesifik dapat
dijelaskan: pertama. Strategi perencanaan rekrutmen yang dilakukan oleh pondok pesantren
Mambaul Ulum Al-Machtumiyah merupakan sebuah fungsi manajemen yang lebih utama
karena perencanaan merupakan fungsi awal dalam melakukan manajemen. Kedua. proses
rekrutmen yang dilakukan oleh Pondok Pesantren Mambaul Ulum Al-Machtumiyah
lebih mengutamakan kualitas yang dimiliki oleh seorang pelamar, seperti memiliki
kemampuan yang berbeda. Selain itu proses atau seleksi yang dilakukan juga
menggunakan proses musyawarah yang melibatkan langsung Pengasuh Pondok
Pesantren, Pengurus, Asatid dan beberapa pengurus Pondok. Ketiga. kerja sama yang
dilakukan merupakan sebuah hal yang sangat baik sekali bahkan bisa membantu
secara perlahan-lahan untuk mengembangkan SDM yang ada dipondok Pesantren
saat ini. kerja sama yang dilakukan tersebut dalam bentuk perekrutan tenaga pengajar
yang dilakukan setiap awal tahun.