Abstract:
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) tujuan dari
pemanfaatan digital marketing dalam kegiatan fundraising zakat, infaq, dan
sedekah (ZIS) pada BMI; 2) cara BMI mengerahkan dan memanfaatkan sumber
daya dalam kegiatan fundraising berbasis digital marketing; 3) interaksi BMI
dengan pihak luar dalam rangka melaksanakn fundraising berbasis digital
marketing.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode
deskriptif. Data diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan yaitu wawancara terstruktur,
observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah reduksi
data, display data, dan conclusion drawing atau penarikan kesimpulan. Teknik
keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi dan member check serta
perpanjangan waktu penelitian.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang dilakukan, maka peneliti
menyimpulkan bahwa:1) Tujuan utama strategi fundraising berbasis digital
marketing adalah untuk mempermudah donatur dan calon donatur mengetahui
informasi mengenai Baitulmaal Munzalan Indonesia (BMI) dan program-program
ZIS yang ada di BMI serta mempermudah donatur dalam berdonasi, menghemat
waktu dan biaya; 2) Cara BMI dalam menggerahkan dan memanfaatkan sumber
daya dalam kegiatan fundraising berbasis digital marketing BMI adalah dengan
menggunakan tenaga kerja yang sesuai dengan keahliannya, cara promosi
program yang menarik, dan evaluasi; 3) Interaksi yang dilakukan BMI dengan
pihak luar dalam rangka fundraising berbasis digital marketing adalah dengan
mengunggah konten-konten menarik untuk memberi informasi kepada donatur
maupun calon donatur tentang program-program ZIS yang ada di BMI sehingga
semakin banyak masyarakat yang mengetahui produk-produk ZIS yang ada di
BMI. BMI juga bekerjasama dengan salah satu platform yang biasa digunakan
untuk menggalang dana dan berdonasi secara online yaitu kitabisa.com.
Tujuannya agar dapat mencapai target donasi serta semakin banyak masyarakat
yang mau berdonasi.