STRATEGI FUNDRAISING ZAKAT, INFAQ, DAN SEDEKAH (ZIS) BERBASIS DIGITAL MARKETING PADA BAITULMAAL MUNZALAN INDONESIA (BMI)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Zulkifli
dc.contributor.advisor Syifa, Abdullah
dc.contributor.author ANISA
dc.date.accessioned 2022-09-14T02:28:11Z
dc.date.available 2022-09-14T02:28:11Z
dc.date.issued 2021-06-17
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/995
dc.description.abstract Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) tujuan dari pemanfaatan digital marketing dalam kegiatan fundraising zakat, infaq, dan sedekah (ZIS) pada BMI; 2) cara BMI mengerahkan dan memanfaatkan sumber daya dalam kegiatan fundraising berbasis digital marketing; 3) interaksi BMI dengan pihak luar dalam rangka melaksanakn fundraising berbasis digital marketing. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan yaitu wawancara terstruktur, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah reduksi data, display data, dan conclusion drawing atau penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi dan member check serta perpanjangan waktu penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa:1) Tujuan utama strategi fundraising berbasis digital marketing adalah untuk mempermudah donatur dan calon donatur mengetahui informasi mengenai Baitulmaal Munzalan Indonesia (BMI) dan program-program ZIS yang ada di BMI serta mempermudah donatur dalam berdonasi, menghemat waktu dan biaya; 2) Cara BMI dalam menggerahkan dan memanfaatkan sumber daya dalam kegiatan fundraising berbasis digital marketing BMI adalah dengan menggunakan tenaga kerja yang sesuai dengan keahliannya, cara promosi program yang menarik, dan evaluasi; 3) Interaksi yang dilakukan BMI dengan pihak luar dalam rangka fundraising berbasis digital marketing adalah dengan mengunggah konten-konten menarik untuk memberi informasi kepada donatur maupun calon donatur tentang program-program ZIS yang ada di BMI sehingga semakin banyak masyarakat yang mengetahui produk-produk ZIS yang ada di BMI. BMI juga bekerjasama dengan salah satu platform yang biasa digunakan untuk menggalang dana dan berdonasi secara online yaitu kitabisa.com. Tujuannya agar dapat mencapai target donasi serta semakin banyak masyarakat yang mau berdonasi. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Strategi Fundraising en_US
dc.subject ZIS en_US
dc.subject Digital Marketing en_US
dc.subject BMI en_US
dc.subject BaitulMaal Munzalan Indonesia id
dc.title STRATEGI FUNDRAISING ZAKAT, INFAQ, DAN SEDEKAH (ZIS) BERBASIS DIGITAL MARKETING PADA BAITULMAAL MUNZALAN INDONESIA (BMI) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account