Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: Bagaimana tahapan
strategi Dakwah, pelaksanaan strategi Dakwah dan langkah evaluasi strategi
Dakwah Ustadz Mahsuf Nahyus dalam pembinaan mualaf di Rumah Qur’an jalan
H. Siradj Pontianak Kalimantan Barat.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data pada penelitian
ini ialah sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer dalam penelitian
ini yaitu: Ustadz Mahsuf Nahyus, Ibu Sunani Cahyani, Ustadz Mawardi, dan para
mualaf. Sementara itu sumber data sekunder yang didapatkan dalam penelitian ini
diproleh dari buku, jurnal, dokumen seperti surat pernyataan muallaf, data-data
orang yang menjadi mualaf serta arsip penting lainnya yang berhubungan dengan
penelitian. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan
dokumentasi. Analisis data terdiri dari reduksi data, display data, dan
varifikasi/penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yaitu triangulasi sumber,
triangulasi teknik pengumpulan data, dan triangulasi waktu.
Berdasarkan analisis hasil temuan sebagai berikut: 1) Tahapan strategi
dakwah Ustadz Mahsuf Nahyus dalam pembinaan mualaf di Rumah Qur’an jalan
H. Siradj Pontianak Kalimantan barat yaitu menetapkan tujuan dakwah,
merencanakan program dalam pembinaan mualaf, merencanakan pendirian
Rumah Qur’an dan melakukan pendataan mualaf. 2) Pelaksanaan strategi dakwah
Ustadz Mahsuf Nahyus dalam pembinaan mualaf di Rumah Qur’an jalan H. Siradj
Pontinak Kalimantan Barat, dilaksanakan dalam dua strategi pertama strategi
dakwah tilawah yaitu membaca Al-Qur’an dan pembelajaran Al-Qur’an. Kedua
strategi dakwah Taklim yaitu terdiri dari pemberian materi dasar keislaman dan
taklim yang dilakukan dengan ceramah serta praktik ibadah. 3) Langkah evaluasi
strategi dakwah Ustadz Mahsuf Nahyus dalam pembinaan mualaf di Rumah
Qur’an jalan H. Siradj Pontinak Kalimantan Barat, dilakukan dengan
mengevaluasi pemahaman mualaf tentang materi yang diberikan, evaluasi ini juga
dilakukan pada saat pertemuan dengan para mualaf pada kegiatan majelis taklim.
Dalam proses evaluasi berkaitan dengan materi yang diberikan kepada mualaf dan
tingkat pemahaman mualaf dalam menyerap materi keislaman.