Abstract:
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Sumber data dalam
penelitian ini yaitu Pimpinan PT. Muzdalifah, dan bagian divisi umrah
marketing. Penelitian juga menggunakan data-data perusahaan dan buku
yang berkaitan dengan strategi pemasaran. Teknik pengumpulan data
penelitian ini yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan
analisis data menggunakan teknik pengumpulan data, reduksi data,
penyajian, serta pernarikan kesimpulan.
Berdasarkan pada analisis yang dilakukan oleh peneliti, maka peneliti
menyimpulkan bahwa: (1)Mengembangkan bermacam-macam produk
sesuai kebutuhan pasar, serta mempertahankan mutu/kualitas produk dan
pelayanan yang diberikan kepada jamaah (2) Dalam strategi harganya PT.
Muzdalifah memasarkan harga paket umrah sesuai dengan kondis di semua
kalangan masyarakat yang ingin menunaikan ibadah umrah ada paket umrah
yang standar, ekonomis, dan plus. Lalu PT. Muzdalifah juga menawarkan
potongan harga (discount) dan potongan harga bagi jamaah, (3) PT.
Muzdalifah dalam melakukan promosi dengan cara Personal (Personal
Selling) yaitu dengan melakukan promosi secara langsung karena Personal
Selling memungkinkan terjadinya umpan balik terhadap perusahaan
sehingga menjadikan strategi promosi secara mulut ke mulut.