Abstract:
Ibadah Haji dan Umrah merupakan ibadah yang diinginkan semua
umat muslim di dunia. Terkhusus di Indonesia dimana animo masyarakat
yang tinggi dan terus meningkat. Peningkatan minat masyarakat akan Haji
dan Umrah melahirkan banyak travel untuk berkompetisi dalam memberikan
kualitas pelayanan dan kepuasan nasabah. Kondisi travel yang baik dapat
menarik para calon jamaah yang baru untuk melaksanakan ibadah Haji dan
Umrah bersama Travel PT. Ihya Tour Pontianak.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan
ibadah umroh pada travel PT. Ihya Tour Pontianak. Kemudian untuk
mengetahui kepuasan jamaah atas pelaksanaan ibadah umroh pada travel PT.
Ihya Tour Pontianak. Serta mengetahui ada tidaknya hubungan kualitas
pelayanan dengan kepuasan jamaah atas pelaksanaan ibadah umroh pada
travel PT. Ihya Tour Pontianak.
Penelitian ini termasuk penelitin kuantitatif. Teknik yang digunakan untuk
mengumpulkan data adalah dengan menggunakan kuesioner dan dianalisis
dengan IBM SPSS 20. Hasil analisis deskriptif penilain responden atau
jamaah pada variabel kualitas pelayanan (X) di PT Ihya Tour di dominasi
oleh penilain yang baik yaitu tingi atau sangat baik sebesar 92%, sedangkan
dalam kategori sedang adalah 8% kemudian kategori rendah adalah 0%.
Sedangkan penilain responden atau jamaah pada variabel kepuasan (Y) di PT
Ihya Tour juga dominasi dominasi oleh penilain yang baik yaitu tingi atau
sangat baik sebesar 92%, sedangkan dalam kategori sedang adalah 8%
kemudian kategori rendah adalah 0%. Sehingga kualitas pelayanan dan
kepuasan yang diberikan oleh PT Ihya Tour pada jamaahnya adalah baik.
Hasil penelitian yang didukung dengan terpenuhinya uji asumsi klasik
yaitu uji normalitas, linieritas. Dimana hasil analisis menunjukkan variabel
kualitas pelayanan (X) dengan Kepuasan (Y) memiliki nilai sig. 0,02 lebih
kecil dibanding 0,05 sehinga kualitas dan kepuasan terdapat korelasi. Sedangkan
hasil r hitung = 0,362, yang berarti berada diantara nilai 0,20 - 0,399, yang berarti
memiliki hubungan yang lemah namun positif.