Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah menemukan bentuk tradisi Pantang Larang yang
berlaku pada remaja melayu Desa Tanjung Merpati Kecamatan Kembayan Kabupaten
Sanggau, Menemukan nilai-nilai yang bermanfaat dari Pantang Larang yang berkaitan
dengan Pendidikan Islam, menganalisis langkah-langkah Internalisasi nilai-nilai
pendidikan Islam dalam tradisi Pantang Larang, menganalisis faktor-faktor yang
mempengaruhi Internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam Tradisi Pantang
Larang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan
data dilaksanakan dengan menggunakan instrumen-instrumen wawancara mendalam
(In-depth interview), observasi langsung dan studi dokumentasi.
Pantang larang pada remaja melayu Desa Tanjung Merpati dapat
diklasifikasikan menjadi 5 bagian yaitu Tradisi Pantang Larang berkaitan dengan
waktu, Tradisi Pantang Larang yang berkaitan dengan tempat, Tradisi Pantang Larang
yang berkaitan dengan Jenis Kelamin, Tradisi Pantang Larang yang berkaitan dengan
jiwa, Tradisi Pantang Larang yang berkaitan dengan pekerjaan / aktivitas.
Nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam tradisi Pantang Larang dilihat dari
beberapa aspek yaitu Pantang Larang dalam aspek Aqidah, nilai tradisi Pantang
Larang dalam aspek Syariah, nilai tradisi Pantang Larang dalam aspek Akhlak,
Langkah-langkah Internalisasi Nilai-Nilai pendidikan Islam dalam tradisi Pantang
Larang pada remaja melayu Desa Tanjung Merpati yaitu tahapan transformasi nilai,
tahapan transaksi nilai, tahapan transinternalisasi.
Faktor-faktor yang mempengaruhi Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam
dalam Tradisi Pantang Larang pada remaja melayu Desa Tanjung Merpati yaitu faktor
pendukung yaitu keluarga dan teknologi informasi, adapun faktor penghambat terdiri
dari Faktor dari dalam dan faktor dari luar.
Temuan penelitian ini yaitu tradisi Pantang Larang pada remaja melayu Desa
Tanjung Merpati berlaku secara general, tradisi Pantang Larang tetap bertahan sampai
sekarang, dan terjadinya pergeseran nilai.