Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi pada ketertarikan peneliti dengan novel
sejarah dan kekaguman pada sosok Minke dan Nyai Ontosoroh dalam Novel
Bumi Manusia Karya Pramoedya Ananta Toer. Dari hasil pembacaan
peneliti, terdapat nilai-nilai Pendidikan Karakter di dalam novel Bumi
Manusia.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif.
Untuk memperoleh data yang berhubungan dengan fokus permasalahan
peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa teknik konten
analisis. Adapun alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah
menggunakan pedoman buku-buku yang berkaitan dengan penelitian.
Adapun pedoman buku tersebut mengambil dari literatur pustaka dan juga
internet. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data
naratif.
Mengacu pada fokus penelitian, maka dapat ditarik simpulan bahwa:
pertama, terdapat nilai-nilai pendidikan krakter dalam novel Bumi Manusia
karya Pramoedya Ananta Toer. Adapun karakter-karakter positif yang
terdapat dalam novel Bumi Manusia yaitu seperti karakter religius, jujur,
toleransi, menghargai prestasi, gemar membaca, kerja keras, kreatif,
mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan (nasionalisme),
cinta tanah air, komunikatif, cinta damai, peduli lingkungan, peduli sosial,
dan tanggung jawab. Kedua, terkait pemikiran Pramoedya Ananta Toer
tentang karakter dalam Novel Bumi Manusia dapat dijadikan penguatan
pendidikan karakter karena di dalamnya terdapat 17 karakter. Hal ini dapat
dilihat dari dialog maupun tingkah laku tokoh di dalam novel Bumi
Manusia.