Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis Problematika Guru dalam Penerapan
Strategi Belajar pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk
Meningkatkan Percaya Diri Siswa SMP Negeri 4 Satap Belimbing Hulu. Tujuan
penelitian adalah menganalisis Problematika Guru dalam penerapan strategi
belajar pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk meningkatkan
percaya diri siswa SMP Negeri 4 Satap Belimbing HuluDalan penelitian ini
menggunakan desain Studi Kasus dengan metode penelitian kualitatif yang
sumber datanya guru PAI melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Dengan proses kerjanya pra-lapangan, tahap pekerja lapangan, member cek
reduksi data, display data, kesimpulan, verifikasi data yang dipaparkan secara
deskriptif, sistematis, objektif dan faktual.
Adapun hasil penelitian ini adalah (1) Problematika guru dalam Penerapan
Strategi Belajar pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk
meningkatkan percaya diri siswa SMP Negeri 4 Satap Belimbing Hulu yaitu
Problem dalam menentukan tujuan pembelajaran, Problem dalam menentukan
materi pembelajaran, problem dari siswa, problem dari fasilitas, problem dari
faktor waktu dan faktor guru. (2) Guru Pendidikan Agama Islam telah
melakukan langkah-langkah penerapan strategi guru dalam meningkatkan
percaya diri siswa yaitu Waktu yang diperlukan untuk melaksanakan kegiatan,
Waktu yang diperlukan untuk mengamati dampaknya, Penerapan strategi
pemusatan kegiatan pada siswa, Penerapan strategi terhadap kesadaran siswa,
Sederetan keputusan tertentu harus diambil sepanjang waktu penerapan strategi
dan Proses alokasi waktu sampai dengan kegiatan berakhir. (3) Faktor-faktor yang
mempengaruhi penerapan strategi belajar dalam meningkatkan percaya diri siswa
yaitu (1) Faktor Internal: Konsep diri, Kondisi fisik Pengalaman hidup (2) Faktor
Eksternal: Pendidikan, Pekerjaan, Lingkungan bahwa faktor pekerjaan
berpengaruh dalam penerapan strategi belajar dalam meningkatkan percaya diri
siswa.