Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketertarikan peneliti terhadap Madrasah
Aliyah Al-Adabiy Pontianak yang menampung anak-anak fakir miskin, duafa, dan
mualaf pendidikan gratis serta guru-guru yang mengajar di pondok juga sangat
istimewa karena tidak dibayar. Strategi pendidikan akhlak yang diterapkan di
Madrasah Aliyah Al-Adabiy Pontianak memberikan pengaruh terhadap prestasi
akademik dan non akademik santri. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengungkap:
(1) strategi pendidikan akhlak di Madrasah Aliyah Al-Adabiy (2) hambatan pendidikan
akhlak di Madrasah Aiyah Al-Adabiy (3) dampak pendidikan akhlak terhadap santri
dalam konteks prestasi akademik dan non akademik di Madrasah Aliyah Al-Adabiy.
Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif.
Sedangkan setting penelitian ini bertempat di Madrasah Aliyah Al-Adabiy Pontianak.
Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi partisipasi,
wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi
pengumpulan data, kondensasi data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik
pengecekan keabsahan data peneliti gunakan adalah member check, triangulasi, dan
perpanjangan waktu penelitian.
Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) strategi pendidikan akhlak di
Madrasah Aliyah Al-Adabiy sudah baik terdiri dari metode mengkaji kitab ta’lim
muta’alim, metode teladan dan pembiasaan, metode hukuman, hadiah dan
pengawasan, dan metode nasehat Islami berbasis kearifan lokal (2) hambatan
pendidikan akhlak di Madrasah Aiyah Al-Adabiy terdiri dari latar belakang santri,
minimnya peran guru, pengaruh lingkungan luar dan peran orang tua (3) dampak
pendidikan akhlak terhadap santri dalam konteks prestasi akademik terdiri dari santri
yang memiliki akhlak baik memberikan pengaruh terhadap prestasi yang diraihnya
seperti prestasi akademik diraih juara kelas di lingkungan madrasah sedangkan prestasi
non akademik telah diraih yakni dalam bidang keagamaan.