Strategi Pendidikan Akhlak dan Dampaknya terhadap Prestasi pada Santri di Madrasah Aliyah Al-Adabiy Pontianak

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sukino
dc.contributor.advisor Usman
dc.contributor.author Ridho i, Abdusolah
dc.date.accessioned 2022-08-31T10:08:35Z
dc.date.available 2022-08-31T10:08:35Z
dc.date.issued 2021-06-10
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/888
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketertarikan peneliti terhadap Madrasah Aliyah Al-Adabiy Pontianak yang menampung anak-anak fakir miskin, duafa, dan mualaf pendidikan gratis serta guru-guru yang mengajar di pondok juga sangat istimewa karena tidak dibayar. Strategi pendidikan akhlak yang diterapkan di Madrasah Aliyah Al-Adabiy Pontianak memberikan pengaruh terhadap prestasi akademik dan non akademik santri. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengungkap: (1) strategi pendidikan akhlak di Madrasah Aliyah Al-Adabiy (2) hambatan pendidikan akhlak di Madrasah Aiyah Al-Adabiy (3) dampak pendidikan akhlak terhadap santri dalam konteks prestasi akademik dan non akademik di Madrasah Aliyah Al-Adabiy. Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Sedangkan setting penelitian ini bertempat di Madrasah Aliyah Al-Adabiy Pontianak. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi partisipasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi pengumpulan data, kondensasi data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik pengecekan keabsahan data peneliti gunakan adalah member check, triangulasi, dan perpanjangan waktu penelitian. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) strategi pendidikan akhlak di Madrasah Aliyah Al-Adabiy sudah baik terdiri dari metode mengkaji kitab ta’lim muta’alim, metode teladan dan pembiasaan, metode hukuman, hadiah dan pengawasan, dan metode nasehat Islami berbasis kearifan lokal (2) hambatan pendidikan akhlak di Madrasah Aiyah Al-Adabiy terdiri dari latar belakang santri, minimnya peran guru, pengaruh lingkungan luar dan peran orang tua (3) dampak pendidikan akhlak terhadap santri dalam konteks prestasi akademik terdiri dari santri yang memiliki akhlak baik memberikan pengaruh terhadap prestasi yang diraihnya seperti prestasi akademik diraih juara kelas di lingkungan madrasah sedangkan prestasi non akademik telah diraih yakni dalam bidang keagamaan. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Pendidikan Akhlak, Prestasi, Madrasah Aliyah Al-Adabiy Pontianak en_US
dc.title Strategi Pendidikan Akhlak dan Dampaknya terhadap Prestasi pada Santri di Madrasah Aliyah Al-Adabiy Pontianak en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account