Abstract:
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis: (1) Kedisiplinan
siswa kelas VIII di SMPN 11 Sungai Raya; 2) Penyebab kurangnya disiplin siswa
kelas VIII di SMPN Sungai Raya; 3) Upaya yang dilakukan guru untuk
meningkatkan kedisiplinan siswa kelas VIII di SMPN 11 Sungai Raya; 4) Faktor
pendukung dan penghambat kedisiplinan siswa kelas VIII di SMPN 11 Sungai
Raya; 5) Akibat kurangnya kedisiplinan siswa kelas VIII di SMPN 11 Sungai
Raya.
Penelitian ini termasuk ke dalam metode penelitian kualitatif dengan
menggunakan desain penelitian Grounded Theory. Sumber data dalam penelitian
ini yaitu pimpinan sekolah, guru PAI, guru BK, dan 2 wali kelas VII serta 12
siswa yang menjadi narasumber. Teknik pengumpulan data yang digunakan
berupa observasi, wawancara dan studi dokumen. Alat pengumpulan data yang
digunakan meliputi pedoman observasi, pedoman wawancara, dan bukti-bukti
dokumenter berupada dokumen arsip sekolah, audio untuk merekam percakapan
antara pewawancara dan narasumber, catatan lapangan hasil pengamatan
penelitian serta kamera untuk mengabadikan kegiatan pengamatan. Teknik
analisis data yang digunakan yaitu melalui pengkodean terbuka (open coding),
pengkodean berporos (axial coding), hingga pengkodean selektif (selective
coding). Terakhir teknik keabsahan data melalui member check dan triangulasi
data untu memastikan bahwa data sudah sesuai.
Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan
bahwa fenomena kedisiplinan siswa terdiri dari fenomena positif dan negatif yang
dipengaruhi oleh faktor luar dan dalam diri siswa. Fenomena kedisiplinan negatif
ditanggulangi dengan strategi preventif dan kuratif. Upaya penanggulangan
tersebut memiliki faktor pendukung dan penghambat. Kedisiplinan itu pada
akhirnya akan membawa pada suatu konsekuensi baik secara fisik maupun non
fisik.