KEDISIPLINAN SISWA DITINJAU DARI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hasmy, Ali
dc.contributor.advisor Zuraya, Helva
dc.contributor.author UMRAINI, UMMI
dc.date.accessioned 2022-06-30T07:49:52Z
dc.date.available 2022-06-30T07:49:52Z
dc.date.issued 2020-08-10
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/844
dc.description.abstract Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis: (1) Kedisiplinan siswa kelas VIII di SMPN 11 Sungai Raya; 2) Penyebab kurangnya disiplin siswa kelas VIII di SMPN Sungai Raya; 3) Upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan kedisiplinan siswa kelas VIII di SMPN 11 Sungai Raya; 4) Faktor pendukung dan penghambat kedisiplinan siswa kelas VIII di SMPN 11 Sungai Raya; 5) Akibat kurangnya kedisiplinan siswa kelas VIII di SMPN 11 Sungai Raya. Penelitian ini termasuk ke dalam metode penelitian kualitatif dengan menggunakan desain penelitian Grounded Theory. Sumber data dalam penelitian ini yaitu pimpinan sekolah, guru PAI, guru BK, dan 2 wali kelas VII serta 12 siswa yang menjadi narasumber. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara dan studi dokumen. Alat pengumpulan data yang digunakan meliputi pedoman observasi, pedoman wawancara, dan bukti-bukti dokumenter berupada dokumen arsip sekolah, audio untuk merekam percakapan antara pewawancara dan narasumber, catatan lapangan hasil pengamatan penelitian serta kamera untuk mengabadikan kegiatan pengamatan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu melalui pengkodean terbuka (open coding), pengkodean berporos (axial coding), hingga pengkodean selektif (selective coding). Terakhir teknik keabsahan data melalui member check dan triangulasi data untu memastikan bahwa data sudah sesuai. Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa fenomena kedisiplinan siswa terdiri dari fenomena positif dan negatif yang dipengaruhi oleh faktor luar dan dalam diri siswa. Fenomena kedisiplinan negatif ditanggulangi dengan strategi preventif dan kuratif. Upaya penanggulangan tersebut memiliki faktor pendukung dan penghambat. Kedisiplinan itu pada akhirnya akan membawa pada suatu konsekuensi baik secara fisik maupun non fisik. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Kedisiplinan, Pendidikan Agama Islam en_US
dc.title KEDISIPLINAN SISWA DITINJAU DARI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM en_US
dc.title.alternative GROUNDED STUDY DI KELAS VIII SMPN 11 SUNGAI RAYA TAHUN PELAJARAN 2019/2020 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account