Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan tiga hal yaitu: 1) penegakan tata tertib sekolah aspek kewajiban
dalam upaya menanamkan nilai-nilai disiplin siswa di SMP Negeri 10 Pontianak
2) penegakan tata tertib sekolah aspek hal yang dilarang dalam upaya
menanamkan nilai-nilai disiplin siswa di SMP Negeri 10 Pontianak. 3) dampak
penegakan tata tertib sekolah terhadap disiplin siswa di SMP Negeri 10 Pontianak.
Untuk menggali dan mengetahui apa yang menjadi tujuan tersebut peneliti
menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Untuk memperoleh
data, peneliti memilih teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru pendidikan agama
Islam dan kepala sekolah. Selanjutnya teknik analisis data yang terdiri dari
reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Kemudian teknik pemeriksaan
keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi data dan member check.
Berdasarkan analisis data yang dilakukan, maka dapat disimpulkan sebagai
berikut:1) Penegakan tata tertib sekolah aspek kewajiban dalam upaya
menanamkan nilai-nilai disiplin siswa yang dilakukan Guru Pendidikan Agama
Islam adalah dengan cara yaitu: memberikan penjelaskan tentang tata tertib pada
siswa, meyebutkan perilaku dengan jelas pada tata tertib siswa, memberikan
contoh yang konkret kepada siswa, memantau pelaksanaan nilai-nilai disiplin
siswa, meninjau nilai-nilai disiplin siswa. 2) Penegakan tata tertib sekolah aspek
kewajiban dalam upaya menanamkan nilai-nilai disiplin siswa yang dilakukan
Guru Pendidikan Agama Islam adalah dengan cara yaitu: memberikan penjelaskan
tentang tata tertib pada siswa, meyebutkan perilaku dengan jelas pada tata tertib
siswa, memberikan contoh yang konkret kepada siswa, memantau pelaksanaan
nilai-nilai disiplin siswa, meninjau nilai-nilai disiplin siswa. 3) Dampak
penegakan tata tertib sekolah terhadap disiplin siswa pada aspek kewajiban tata
tertib sekolah yaitu dalam perkataan siswa menjadi tutur kata-katanya sopan
kepada siapapun. Dampak penegakan nilai-nilai disiplin dalam perbuatan baiknya
dalam perbuatan menjadi sopan, santun dan tidak melanggar tata tertib sekolah
dan dampak penegakan nilai-nilai disiplinpada aspek hal yang dilarang tata tertib
sekolah, dampak penegakan nilai-nilai disiplin dalam perkataan siswa menjadi
tutur kata-katanya sopan kepadasiapa pun dan tidak melakukan pelanggaran tata
tertibs sekolah. Dampak penegakan nilai-nilai disiplin dalam perbuatan baiknya
dalam perbuatan menjadi sopan, santun dan tidak melanggar tata tertib sekolah.