PENEGAKAN TATA TERTIB SEKOLAH DALAM UPAYA MENANAMKAN NILAI-NILAI DISIPLIN SISWA OLEH GURU PAI DI SMP NEGERI 10 PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Show simple item record

dc.contributor.advisor Edi Kurnanto, M.
dc.contributor.advisor Sapendi
dc.contributor.author JENI, NADIA
dc.date.accessioned 2022-06-30T02:11:35Z
dc.date.available 2022-06-30T02:11:35Z
dc.date.issued 2018-11-28
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/836
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tiga hal yaitu: 1) penegakan tata tertib sekolah aspek kewajiban dalam upaya menanamkan nilai-nilai disiplin siswa di SMP Negeri 10 Pontianak 2) penegakan tata tertib sekolah aspek hal yang dilarang dalam upaya menanamkan nilai-nilai disiplin siswa di SMP Negeri 10 Pontianak. 3) dampak penegakan tata tertib sekolah terhadap disiplin siswa di SMP Negeri 10 Pontianak. Untuk menggali dan mengetahui apa yang menjadi tujuan tersebut peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Untuk memperoleh data, peneliti memilih teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru pendidikan agama Islam dan kepala sekolah. Selanjutnya teknik analisis data yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Kemudian teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi data dan member check. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:1) Penegakan tata tertib sekolah aspek kewajiban dalam upaya menanamkan nilai-nilai disiplin siswa yang dilakukan Guru Pendidikan Agama Islam adalah dengan cara yaitu: memberikan penjelaskan tentang tata tertib pada siswa, meyebutkan perilaku dengan jelas pada tata tertib siswa, memberikan contoh yang konkret kepada siswa, memantau pelaksanaan nilai-nilai disiplin siswa, meninjau nilai-nilai disiplin siswa. 2) Penegakan tata tertib sekolah aspek kewajiban dalam upaya menanamkan nilai-nilai disiplin siswa yang dilakukan Guru Pendidikan Agama Islam adalah dengan cara yaitu: memberikan penjelaskan tentang tata tertib pada siswa, meyebutkan perilaku dengan jelas pada tata tertib siswa, memberikan contoh yang konkret kepada siswa, memantau pelaksanaan nilai-nilai disiplin siswa, meninjau nilai-nilai disiplin siswa. 3) Dampak penegakan tata tertib sekolah terhadap disiplin siswa pada aspek kewajiban tata tertib sekolah yaitu dalam perkataan siswa menjadi tutur kata-katanya sopan kepada siapapun. Dampak penegakan nilai-nilai disiplin dalam perbuatan baiknya dalam perbuatan menjadi sopan, santun dan tidak melanggar tata tertib sekolah dan dampak penegakan nilai-nilai disiplinpada aspek hal yang dilarang tata tertib sekolah, dampak penegakan nilai-nilai disiplin dalam perkataan siswa menjadi tutur kata-katanya sopan kepadasiapa pun dan tidak melakukan pelanggaran tata tertibs sekolah. Dampak penegakan nilai-nilai disiplin dalam perbuatan baiknya dalam perbuatan menjadi sopan, santun dan tidak melanggar tata tertib sekolah. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Penegakan, Nilai-nilai dan Disiplin Siswa en_US
dc.title PENEGAKAN TATA TERTIB SEKOLAH DALAM UPAYA MENANAMKAN NILAI-NILAI DISIPLIN SISWA OLEH GURU PAI DI SMP NEGERI 10 PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2018/2019 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account