Abstract:
Penelitian ini di latar belakangi oleh adanya permasalahan yang terjadi
seperti guru kurang melibatkan siswa dalam pembelajaran, guru cenderung
menyampaikan materi dengan menggunakan metode ceramah tanpa adanya
variasi sehingga menyebabkan kejenuhan dalam belajar, guru kurang memahami
tentang memilih dan menentukan strategi yang tepat sehingga berdampak pada
terciptanya proses pembelajaran yang konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk
memperoleh informasi tentang: 1. Bagaimana tingkat pemahaman siswa pada
materi zakat sebelum diterapkan Strategi Point counter point untuk Meningkatkan
Pemahaman Siswa pada Materi Zakat Mata Pelajaran PAI di Kelas X SMA Islam
Hisada Pontianak Tahun Pelajaran 2019/2020?, 2. Bagaimana tingkat kemampuan
siswa dalam memahami materi zakat setelah diterapkannya Strategi Point counter
point untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Materi Zakat Mata Pelajaran
PAI di Kelas X SMA Islam Hisada Pontianak Tahun Pelajaran 2019/2020?, dan
3. Apakah terdapat peningkatan pemahaman siswa dalam memahami materi zakat
pada mata pelajaran PAI setelah diterapkan Strategi Point counter point untuk
Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Materi Zakat Mata Pelajaran PAI di Kelas
X SMA Islam Hisada Pontianak Tahun Pelajaran 2019/2020?.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Classroom Action Research
atau Penelitian Tindakan Kelas. Untuk mencari informasi yang dibutuhkan dan
untuk memudahkan penelitian ini maka dibutuhkan beberapa langkah yaitu: 1.
Guru dan siswa menentukan topik, 2. Siswa dibagi dalam dua kelompok sesuai
perspektif masing-masing dalam mengkaji topik tersebut, 3. Wakil tiap kelompok
mempresentasikan hasilnya berupa argumen, 4. Konfirmasi dan kesimpulan
dipandu guru yang bersangkutan. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan
data adalah observasi langsung dengan lembar observasi dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1. Pemahaman siswa
dalam materi zakat sebelum menggunakan Strategi Point Counter Point di kelas
X SMA Islam Hiasada Pontianak Pelajaran Pelajaran 2019/2020 tergolong
kurang, karena nilai yang peneliti peroleh di bawah standar KKM, dengan nilai
rata-rata 45, 2. Pemahaman siswa dalam materi zakat setelah menggunakan
Strategi Point Counter Point di kelas X SMA Islam Hiasada Pontianak Pelajaran
Pelajaran 2019/2020 pada siklus I tergolong cukup dengan nilai rata-rata 62, dan
siklus II tergolong sangat baik dengan nilai rata-rata 94, 3. Terdapat peningkatan
kemampuan siswa dalam materi zakat pada mata pelajaran PAI setelah diterapkan
Strategi Point Counter Point di kelas X SMA Islam Hiasada Pontianak Pelajaran
Pelajaran 2019/2020.