PENERAPAN STRATEGI POINT COUNTER POINT UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI ZAKAT MATA PELAJARAN PAI DI KELAS X SMA ISLAM HISADA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Show simple item record

dc.contributor.advisor Dulhadi
dc.contributor.advisor Susanto, Rizki
dc.contributor.author KHORLIAWATI
dc.date.accessioned 2022-06-29T08:14:58Z
dc.date.available 2022-06-29T08:14:58Z
dc.date.issued 2020-08-04
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/833
dc.description.abstract Penelitian ini di latar belakangi oleh adanya permasalahan yang terjadi seperti guru kurang melibatkan siswa dalam pembelajaran, guru cenderung menyampaikan materi dengan menggunakan metode ceramah tanpa adanya variasi sehingga menyebabkan kejenuhan dalam belajar, guru kurang memahami tentang memilih dan menentukan strategi yang tepat sehingga berdampak pada terciptanya proses pembelajaran yang konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang: 1. Bagaimana tingkat pemahaman siswa pada materi zakat sebelum diterapkan Strategi Point counter point untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Materi Zakat Mata Pelajaran PAI di Kelas X SMA Islam Hisada Pontianak Tahun Pelajaran 2019/2020?, 2. Bagaimana tingkat kemampuan siswa dalam memahami materi zakat setelah diterapkannya Strategi Point counter point untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Materi Zakat Mata Pelajaran PAI di Kelas X SMA Islam Hisada Pontianak Tahun Pelajaran 2019/2020?, dan 3. Apakah terdapat peningkatan pemahaman siswa dalam memahami materi zakat pada mata pelajaran PAI setelah diterapkan Strategi Point counter point untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Materi Zakat Mata Pelajaran PAI di Kelas X SMA Islam Hisada Pontianak Tahun Pelajaran 2019/2020?. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Classroom Action Research atau Penelitian Tindakan Kelas. Untuk mencari informasi yang dibutuhkan dan untuk memudahkan penelitian ini maka dibutuhkan beberapa langkah yaitu: 1. Guru dan siswa menentukan topik, 2. Siswa dibagi dalam dua kelompok sesuai perspektif masing-masing dalam mengkaji topik tersebut, 3. Wakil tiap kelompok mempresentasikan hasilnya berupa argumen, 4. Konfirmasi dan kesimpulan dipandu guru yang bersangkutan. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi langsung dengan lembar observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1. Pemahaman siswa dalam materi zakat sebelum menggunakan Strategi Point Counter Point di kelas X SMA Islam Hiasada Pontianak Pelajaran Pelajaran 2019/2020 tergolong kurang, karena nilai yang peneliti peroleh di bawah standar KKM, dengan nilai rata-rata 45, 2. Pemahaman siswa dalam materi zakat setelah menggunakan Strategi Point Counter Point di kelas X SMA Islam Hiasada Pontianak Pelajaran Pelajaran 2019/2020 pada siklus I tergolong cukup dengan nilai rata-rata 62, dan siklus II tergolong sangat baik dengan nilai rata-rata 94, 3. Terdapat peningkatan kemampuan siswa dalam materi zakat pada mata pelajaran PAI setelah diterapkan Strategi Point Counter Point di kelas X SMA Islam Hiasada Pontianak Pelajaran Pelajaran 2019/2020. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Strategi Point Counter Point, SMA Islam Hisada, Materi zakat. en_US
dc.title PENERAPAN STRATEGI POINT COUNTER POINT UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI ZAKAT MATA PELAJARAN PAI DI KELAS X SMA ISLAM HISADA TAHUN PELAJARAN 2019/2020 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account