Abstract:
Skripsi ini mengemukakan tentang Nilai Pendidikan Islam dalam Novel
Si Anak Pemberani karangan Tere Liye meliputi aspek akidah, ibadah dan
akhlak. Penelitian ini fokus pada apa saja nilai pendidikan Islam yang terdapat
dalam novel Si Anak Pemberani karya Tere Liye dan relevansi terhadap mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti tingkat sekolah menengah
pertama.
Penelitian ini menggunakan pendekatan pragmatik, dengan menekankan
peranan pembaca sebagai pemberi makna pada karya sastra itu, pembaca menjadi
penilai terhadap karya sastra, menggunakan metode deskriftif ,objek penelitian
ini memfokuskan pada kajian nilai pendidikan Islam dalam novel Si Anak
Pemberani karya Tere Liye.
Beranjak dari kenyataan di atas maka perlu penulis untuk menjabarakan
lebih jauh, guna memperoleh dan mendapatkan nilai pendidikan Islam dalam
novel Si Anak Pemberani karya Tere Liye dengan mengkategorisasikan ke dalam
nilai pendidikan Islam dan menggali relevansi terhadap mata pelajajaran
Pendidikan Islam dan Budi Pekerti tingkat SMP.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan menunjukan nilai pendidikan Islam
yang terkandung dalam novel Si Anak Pemberani karya Tere Liye, yaitu nilai
pendidikan akidah, meliputi iman kepada Allah SWT, iman kepada Kitab Allah
SWT, Iman kepada Qada dan Qadar, iman kepada nabi Muhammad Saw. Nilai
Akhlak, meliputi tidak merendahkan orang lain, minta maaf, jujur berdagang,
berbakti kepada orang tua, ikhtiar, tidak saling meremehkan dan kasih sayang
orang tua. Nilai Ibadah, meliputi bersawalat kepada nabi Muhammad Saw,
bersedekah, zakat, memuliakan anak yatim, berpuasa di bulan ramadhan, ibadah
haji, dan menuntut ilmu. Secara keseluruhan nilai pendidikan Islam dalam novel
Si Anak Pemberani karya Tere Liye memiliki relevansi terahadap pelajaran
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti tingkat sekolah menengah pertama.