Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses kegiatan mentoring di
SMPIT Anak Shaleh Mempawah Hilir dan mengetahui pengaruh kegiatan
mentoring terhadap karakter religius peserta didik di SMPIT Anak Shaleh
Mempawah Hilir. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan
berupa wacana keilmuan tentang pendidikan agama khususnya karakter religius.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang meneliti tentang
pengaruh kegiatan mentoring terhadap peserta didik di SMPIT Anak Shaleh
Mempawah Hilir. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode angket
dan wawancara. Analisis data untuk mengetahui pengaruh kegiatan mentoring
terhadap karakter religius peserta didik dengan bantuan program komputer SPSS
16.0 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Proses kegiatan Mentoring di
SMPIT Anak Shaleh Mempawah Hilir dilakukan dengan adanya kegiatan
pembuka, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. 2) Karakter religius peserta didik di
SMPIT Anak Shaleh Mempawah Hilir dalam kategori “Sangat Baik” hal ini dapat
dilihat dari persentase yaitu: “Selalu” dengan rata-rata persentase 40,30%, “Sering”
dengan rata-rata persentase 22,42%, “Kadang-kadang” dengan rata-rata persentase
17,73%, “Jarang” dengan rata-rata persentase 6,67%, dan “Tidak pernah” dengan
rata-rata persentase 12,85% dengan demikian jawaban terbanyak adalah jawaban
“Selalu” 3) Berdasarkan analisis varian atau data F test diketahui bahwa F hitung
sebesar 5,684 dengan tingkat signifikan 0,023. Oleh karena probabilitas (0,023)
jauh lebih kecil dari 0,05 (dalam kasus ini menggunakan taraf signifikansi atau ɑ =
5%), maka model regresi bisa dipakai untuk menguji hipotesis. Berdasarkan hasil
nilai regresi di atas didapatkan bahwa nilai (0,023) lebih kecil dari nilai a (0,05)
sehingga Ho ditolak, artinya terdapat pengaruh kegiatan mentoring terhadap
karakter religius peserta didik di SMPIT Anak Shaleh Mempawah Hilir. Adapun
besar sumbangan efektif variabel kegiatan mentoring terhadap karakter religius
peserta didik sebesar 15,5%.