PENGARUH KEGIATAN MENTORING TERHADAP KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI SMPIT ANAK SHALEH MEMPAWAH HILIR

Show simple item record

dc.contributor.advisor Tursina, Nani
dc.contributor.advisor Zulkarnain
dc.contributor.author TANTRI WIDYANINGRUM, IGA
dc.date.accessioned 2022-06-27T10:25:20Z
dc.date.available 2022-06-27T10:25:20Z
dc.date.issued 2022-03-08
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/817
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses kegiatan mentoring di SMPIT Anak Shaleh Mempawah Hilir dan mengetahui pengaruh kegiatan mentoring terhadap karakter religius peserta didik di SMPIT Anak Shaleh Mempawah Hilir. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan berupa wacana keilmuan tentang pendidikan agama khususnya karakter religius. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang meneliti tentang pengaruh kegiatan mentoring terhadap peserta didik di SMPIT Anak Shaleh Mempawah Hilir. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode angket dan wawancara. Analisis data untuk mengetahui pengaruh kegiatan mentoring terhadap karakter religius peserta didik dengan bantuan program komputer SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Proses kegiatan Mentoring di SMPIT Anak Shaleh Mempawah Hilir dilakukan dengan adanya kegiatan pembuka, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. 2) Karakter religius peserta didik di SMPIT Anak Shaleh Mempawah Hilir dalam kategori “Sangat Baik” hal ini dapat dilihat dari persentase yaitu: “Selalu” dengan rata-rata persentase 40,30%, “Sering” dengan rata-rata persentase 22,42%, “Kadang-kadang” dengan rata-rata persentase 17,73%, “Jarang” dengan rata-rata persentase 6,67%, dan “Tidak pernah” dengan rata-rata persentase 12,85% dengan demikian jawaban terbanyak adalah jawaban “Selalu” 3) Berdasarkan analisis varian atau data F test diketahui bahwa F hitung sebesar 5,684 dengan tingkat signifikan 0,023. Oleh karena probabilitas (0,023) jauh lebih kecil dari 0,05 (dalam kasus ini menggunakan taraf signifikansi atau ɑ = 5%), maka model regresi bisa dipakai untuk menguji hipotesis. Berdasarkan hasil nilai regresi di atas didapatkan bahwa nilai (0,023) lebih kecil dari nilai a (0,05) sehingga Ho ditolak, artinya terdapat pengaruh kegiatan mentoring terhadap karakter religius peserta didik di SMPIT Anak Shaleh Mempawah Hilir. Adapun besar sumbangan efektif variabel kegiatan mentoring terhadap karakter religius peserta didik sebesar 15,5%. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Kegiatan Mentoring, Karakter Religius. en_US
dc.title PENGARUH KEGIATAN MENTORING TERHADAP KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI SMPIT ANAK SHALEH MEMPAWAH HILIR en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account