dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan peserta didik
dalam bercerita pembelajaran tematik. Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk
mengetahui kemampuan bercerita dalam pembelajaran tematik sebelum
menggunakan metode pembelajaran Story telling pada peserta didik kelas IV SDN
07 Sungai Pinyuh Tahun Ajaran 2020/2021. (2) Penerapan metode pembelajaran
Story telling divariasikan dengan boneka wayang pada siswa kelas IV SDN 07
Sungai Pinyuh, (3) Kemampuan bercerita peserta didik sesudah menggunakan
metode pembelajaran Story telling divariasikan dengan boneka wayang pada
siswa kelas IV SDN 07 Sungai Pinyuh, (4) Peningkatan kemampuan peserta didik
sebelum dan sesudah menyelesaikan metode pembelajaran Story telling
divariasikan dengan boneka wayang pada siswa kelas IV SDN 07 Sungai Pinyuh
Tahun Ajaran 2020/2021.
Penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan
pendekatan kuantitatif disertai metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian
ini yaitu seluruh peserta didik kelas IV SDN 07 Sungai Pinyuh dengan jumlah 15
peserta didik. Prosedur yang digunakan ada 4 tahap yaitu tahap perencanaan,
tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan tes lisan, observasi dan dokumentasi. dengan instrumen lembar
penilaian, lembar observasi, pada peserta didik dan guru. Analisis data dalam
penelitian ini secara kuantitatif dengan menggunakan rumus mean dan persentase.
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) Hasil belajar
pembelajaran Bahasa Indonesia sebelum menggunakan metode Story telling
pada peserta didik kelas IV SDN 07 Sungai Pinyuh memperoleh nilai rata-rata 77
terlihat dari 7 peserta didik yang tidak tuntas 7 peserta didik dengan nilai rata-rata
73 atau 55.33%, sedangkan yang tuntas 8 peserta didik 68 atau 46.66% dengan
rata-rata kelas 73 kategori cukup. 2) Penerapan metode Story telling dilakukan
sebanyak 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap meliputi: perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. 3) Hasil belajar pembelajaran Bahasa
Indonesia Materi Sangkuriang sesudah menggunakan Metode Story telling pada
peserta didik kelas IV SDN 07 Sungai Pinyuh memperoleh nilai rata-rata 73 pada
siklus I sedangkan pada siklus II memperoleh rata-rata 81. 4) Adanya peningkatan
kemampuan peserta didik menyelesaikan soal sebelum dan sesudah
menggunakan Metode Story telling di kelas IV SDN 07 Sungai Pinyuh
berdasarkan persentase ketuntasan peserta didik pada prasiklus dan siklus II
memiliki peningkatan sebesar 80%. |
en_US |