dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis masalah penelitian yang
terdiri dari: (1) Bagaimana hasil belajar peserta didik yang tidak menggunakan
model pembelajaran pictue and picture pada mata pelajaran IPA kelas V A SD
Muhammadiyah 1 Pontianak tahun pelajaran 2018/2019. (2) Bagaimana hasil
belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran picture and picture pada
mata pelajaran IPA kelas V A SD Muhammadiyah 1 Pontianak tahun pelajaran
2018/2019. (3) Apakah terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan pada
kelas V A yang tidak menggunakan dan yang menggunakan model pembelajaran
picture and picture pada mata pelajaran IPA SD Muhammadiyah 1 Pontianak
tahun pelajaran 2018/2019.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, sumber data penelitian
terdiri dari guru dan peserta didik. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan
data adalah observasi dan studi dokumen. Alat pengumpulan datanya berupa
pedoman observasi, tes, dan foto. Sedangkan teknis analisis data yang digunakan
adalah analisis deskriptif.
Berdasarkan analisis data yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan
bahwa 1) pencapaian hasil belajar peserta didik yang tidak menggunakan model
pembelajaran picture and picture pada mata pelajaran IPA di kelas V A SD
Muhammadiyah 1 Pontianak semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019 nilai ratarata yaitu sebesar 62.69%, termasuk dalam kategori cukup. Pencapaian nilai hasil
belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran picture and picture
pada mata pelajaran IPA kelas V SD Muhammadiyah 1 Pontianak semester ganjil
tahun pelajaran 2018/2019 nilai rata-rata hasil belajar peserta didik sebesar
83.08% dengan kategori sangat baik. Dari hasil perolehan data dan perhitungan
statistik dengan uji t sampel Dependent dengan menggunakan bantuan SPSS versi
17.0 menyatakan bahwa terdapat peningkatan nilai hasil belajar peserta didik yang
tidak menggunakan model pembelajaran picture and picture dengan yang
menggunakan model pembelajaran picture and picture pada mata pelajaran IPA,
dengan kenaikan selisih nilai rata-rata sebesar 7. 31% dengan hasil sig.(2-tailed)
sebesar 0,00 maka H0 ditolak dan HA diterima. Jadi dapad disimpulkan bahwa
terdapat peningkatan yang sigifikan terhadap nilai hasil belajar peserta didik yang
tidak menggunakan model pembelajaran picture and picture dengan
menggunakan model pembelajaran picture and picture.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Picture and picture. |
en_US |