Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Menggunakan Model Pembelajaran Picture and picture di SD Muhammadiyah 1 Pontianak Tahun Pelajaran 2018/2018. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2018

Show simple item record

dc.contributor.author Dewi, Miawati
dc.date.accessioned 2021-03-22T02:03:55Z
dc.date.available 2021-03-22T02:03:55Z
dc.date.issued 2018-12-31
dc.identifier.uri http://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/79
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis masalah penelitian yang terdiri dari: (1) Bagaimana hasil belajar peserta didik yang tidak menggunakan model pembelajaran pictue and picture pada mata pelajaran IPA kelas V A SD Muhammadiyah 1 Pontianak tahun pelajaran 2018/2019. (2) Bagaimana hasil belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran picture and picture pada mata pelajaran IPA kelas V A SD Muhammadiyah 1 Pontianak tahun pelajaran 2018/2019. (3) Apakah terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan pada kelas V A yang tidak menggunakan dan yang menggunakan model pembelajaran picture and picture pada mata pelajaran IPA SD Muhammadiyah 1 Pontianak tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, sumber data penelitian terdiri dari guru dan peserta didik. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi dan studi dokumen. Alat pengumpulan datanya berupa pedoman observasi, tes, dan foto. Sedangkan teknis analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa 1) pencapaian hasil belajar peserta didik yang tidak menggunakan model pembelajaran picture and picture pada mata pelajaran IPA di kelas V A SD Muhammadiyah 1 Pontianak semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019 nilai ratarata yaitu sebesar 62.69%, termasuk dalam kategori cukup. Pencapaian nilai hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran picture and picture pada mata pelajaran IPA kelas V SD Muhammadiyah 1 Pontianak semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019 nilai rata-rata hasil belajar peserta didik sebesar 83.08% dengan kategori sangat baik. Dari hasil perolehan data dan perhitungan statistik dengan uji t sampel Dependent dengan menggunakan bantuan SPSS versi 17.0 menyatakan bahwa terdapat peningkatan nilai hasil belajar peserta didik yang tidak menggunakan model pembelajaran picture and picture dengan yang menggunakan model pembelajaran picture and picture pada mata pelajaran IPA, dengan kenaikan selisih nilai rata-rata sebesar 7. 31% dengan hasil sig.(2-tailed) sebesar 0,00 maka H0 ditolak dan HA diterima. Jadi dapad disimpulkan bahwa terdapat peningkatan yang sigifikan terhadap nilai hasil belajar peserta didik yang tidak menggunakan model pembelajaran picture and picture dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture. Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Picture and picture. en_US
dc.language.iso Indonesia id
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Hasil Belajar id
dc.subject Picture and Picture en_US
dc.title Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Menggunakan Model Pembelajaran Picture and picture di SD Muhammadiyah 1 Pontianak Tahun Pelajaran 2018/2018. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2018 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account