dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang aktivnya siswa serta hasil belajar yang
tidak maksimal sehingga memerlukan suatu perubahan pembelajaran dengan
menggunakan TGT yang dikombinasikan dengan media Puzzle. Tujuan penelitian ini
adalah untuk menganalisis (1) Penggunaan strategi TGT dikombinasikan dengan media
Puzzle. (2) Aktivitas belajar siswa kelas IV. (3) Hasil belajar siswa kelas IV. (4) Pengaruh
penggunaan strategi Team Games Tournament dikombinasikan dengan media Puzzle
terhadap aktivitas belajar siswa kelas IV. (5) Pengaruh penggunaan strategi Team Games
Tournament dikombinasikan dengan media Puzzle terhadap hasil belajar siswa kelas IV.
(6) Aktivitas belajar terhadap hasil belajar siswa kelas IV.
Metode yang digunakan adalah metode asosiatif dengan pendekatan kuantitatif.
Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling, pertimbangan responden yang
dipilih adalah siswa kelas IV, berjumlah 40 siswa. Terdiri dari 20 siswa kelas eksperimen
dan 20 siswa kelas control. Teknik pengumpulan data berupa angket/kuesioner dan
dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Program SPSS Versi 24.00.
Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Hasil keterlaksanaan penggunaan strategi
TGT adalah 83.73 % dan 87.8 %. dalam pembelajaran jika keterlaksanaannya lebih dari
75%. (2) Aktivitas belajar siswa rendah yaitu pada <g> < 0.3. (3) Hasil belajar siswa
sebesar 62.50 dan nilai terendah sebesar 18.75. Dari hasil akhir posttest diperoleh nilai
tertinggi sebesar 87.50 dan nilai terendah sebesar 43.75 (4) Pengaruh penggunaan strategi
Team Games Tournament dikombinasikan dengan media Puzzle pada pembelajaran
tematik terhadap aktivitas belajar siswa kelas IV nilai F hitung lebih besar dari nilai F tabel
yaitu F tabel 0.966 > F tabel 3.493 maka Ho ditolak dan H1 diterima. Besarnya pengaruh
penggunaan 96,6%. (5) Pengaruh penggunaan strategi Team Games Tournament
dikombinasikan dengan media Puzzle pada pembelajaran tematik terhadap hasil belajar
sisiwa kelas IV nilai F tabel yaitu F hitung -0.145 > F tabel 3.493 dari hasil perhitungan ini maka
Ho diterima dan H1 ditolak. Besarnya pengaruh adalah 2,1%. (6) Pengaruh penggunaan
strategi Team Games Tournament dikombinasikan dengan media Puzzle pada
pembelajaran tematik terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV nilai F hitung lebih
kecil dari nilai F tabel yaitu F hitung 0,288 < F tabel 3.232 dari hasil perhitungan ini maka H0
diterima dan H1 ditolak. Besarnya pengaruh 2,1%. Sedangkan sisanya 97,9% dipengaruhi
oleh variabel lain yang tidak di teliti. |
en_US |