PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI TEAM GAMES TOURNAMENT DIKOMBINASIKAN DENGAN MEDIA PUZZLE PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITASDAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGRI 03 BATU AMPAR TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hasmy, Ali
dc.contributor.advisor Zuraya, Helva
dc.contributor.author PURNAMA SARI, INTAN
dc.date.accessioned 2022-06-24T08:41:01Z
dc.date.available 2022-06-24T08:41:01Z
dc.date.issued 2020-01-28
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/799
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang aktivnya siswa serta hasil belajar yang tidak maksimal sehingga memerlukan suatu perubahan pembelajaran dengan menggunakan TGT yang dikombinasikan dengan media Puzzle. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis (1) Penggunaan strategi TGT dikombinasikan dengan media Puzzle. (2) Aktivitas belajar siswa kelas IV. (3) Hasil belajar siswa kelas IV. (4) Pengaruh penggunaan strategi Team Games Tournament dikombinasikan dengan media Puzzle terhadap aktivitas belajar siswa kelas IV. (5) Pengaruh penggunaan strategi Team Games Tournament dikombinasikan dengan media Puzzle terhadap hasil belajar siswa kelas IV. (6) Aktivitas belajar terhadap hasil belajar siswa kelas IV. Metode yang digunakan adalah metode asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling, pertimbangan responden yang dipilih adalah siswa kelas IV, berjumlah 40 siswa. Terdiri dari 20 siswa kelas eksperimen dan 20 siswa kelas control. Teknik pengumpulan data berupa angket/kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Program SPSS Versi 24.00. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Hasil keterlaksanaan penggunaan strategi TGT adalah 83.73 % dan 87.8 %. dalam pembelajaran jika keterlaksanaannya lebih dari 75%. (2) Aktivitas belajar siswa rendah yaitu pada <g> < 0.3. (3) Hasil belajar siswa sebesar 62.50 dan nilai terendah sebesar 18.75. Dari hasil akhir posttest diperoleh nilai tertinggi sebesar 87.50 dan nilai terendah sebesar 43.75 (4) Pengaruh penggunaan strategi Team Games Tournament dikombinasikan dengan media Puzzle pada pembelajaran tematik terhadap aktivitas belajar siswa kelas IV nilai F hitung lebih besar dari nilai F tabel yaitu F tabel 0.966 > F tabel 3.493 maka Ho ditolak dan H1 diterima. Besarnya pengaruh penggunaan 96,6%. (5) Pengaruh penggunaan strategi Team Games Tournament dikombinasikan dengan media Puzzle pada pembelajaran tematik terhadap hasil belajar sisiwa kelas IV nilai F tabel yaitu F hitung -0.145 > F tabel 3.493 dari hasil perhitungan ini maka Ho diterima dan H1 ditolak. Besarnya pengaruh adalah 2,1%. (6) Pengaruh penggunaan strategi Team Games Tournament dikombinasikan dengan media Puzzle pada pembelajaran tematik terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV nilai F hitung lebih kecil dari nilai F tabel yaitu F hitung 0,288 < F tabel 3.232 dari hasil perhitungan ini maka H0 diterima dan H1 ditolak. Besarnya pengaruh 2,1%. Sedangkan sisanya 97,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak di teliti. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Metode TGT dan Media Puzzle, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI TEAM GAMES TOURNAMENT DIKOMBINASIKAN DENGAN MEDIA PUZZLE PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITASDAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGRI 03 BATU AMPAR TAHUN PELAJARAN 2019/2020 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account