Abstract:
Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang cukup besar dalam kehidupan
masyarakat Indonesia, salah satunya dalam aspek Pendidikan Anak Usia Dini
(PAUD). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang: 1) Bentuk
kerjasama Guru dan orang tua dalam proses pembelajaran daring (dalam jaringan);
2) Bentuk kerjasama Guru dan orang tua dalam proses pembelajaran luring (luar
jaringan); dan 3) Hambatan dalam kerjasama Guru dan orang tua selama proses
pembelajaran.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek
penelitian adalah kepala sekolah, Guru kelompok B1, Guru kelompok B2, peserta
didik kelompok B1 dan orang tua peserta didik kelompok B1 di TK Sutitah Sudarso
1 Jongkat Tahun Ajaran 2021/2022. Adapun teknik dalam pengumpulan data
adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan
dengan analisis model interaktif yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian
data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Kerjasama Guru dan orang tua
dalam proses pembelajaran daring (dalam jaringan) yaitu membentuk grup-grup
orang tua peserta didik melalui aplikasi Whatsapp, mengoptimalkan partisipasi
orang tua berupa pendampingan terhadap proses pembelajaran anak, dan
pengumpulan tugas anak melalui grup WhatsApp; 2) Kerjasama Guru dan orang tua
dalam proses pembelajaran luring (luar jaringan) yaitu, pertemuan antara Guru dan
orang tua, melakukan persiapan dalam melaksanakan kunjungan ke rumah peserta
didik (home visit), dan pengisian angket bagi orang tua; 3) Hambatan yang terjadi
dalam kerjasama Guru dan orang tua yaitu a) tidak meratanya informasi yang
ditujukan ke orang tua terkait program pembelajaran yang diterapkan selama
pandemi Covid-19, b) kesibukan orang tua yang bekerja dan c) keterlambatan orang
tua dalam mengirimkan tugas atau hasil karya anak.