PENGGUNAAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS APLIKASI CANVA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS DIKELAS IV SEKOLAH DASAR 03 BUKIT RAYA KECAMATAN JAWAI

Show simple item record

dc.contributor.advisor Fathurrosi, Fathurrosi
dc.contributor.advisor Zurayah, Helva
dc.contributor.advisor AR, Eka Hendry
dc.contributor.advisor Habaridota, Maha Lastasa Buju Basafpipana
dc.contributor.author Mustika, Mustika
dc.date.accessioned 2025-11-11T00:42:13Z
dc.date.available 2025-11-11T00:42:13Z
dc.date.issued 2025-10-09
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7871
dc.description.abstract Mustika (12110044), “Penggunaan Media Interaktif Berbasis Aplikasi Canva Untuk Meningkatakan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Di Kelas IV SDN 03 Bukit Raya Kecamatan Jawai”. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik yang ditemukan pada saat observasi pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan: 1) Hasil belajar IPAS di kelas IV SDN 03 Bukit Raya sebelum diterapkan media interaktif berbasis aplikasi canva. 2) Langkah-langkah penggunaan media interaktif berbasis aplikasi canva untuk meningkatkan hasil belajar IPAS di kelas IV SDN 03 Bukti Raya. 3) Hasil belajar IPAS di kelas IV SDN 03 Bukti Raya sesudah diterapkan media interaktif berbasis aplikasi canva. 4) Terdapat peningkatan hasil belajar IPAS di kelas IV SDN 03 Bukti Raya melalui media interaktif berbasis aplikasi canva. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Teknik dan alat pengumpulan data yakni tes untuk mengukur keterampilan dan pengetahuan, observasi untuk mengamati proses pembelajaran, dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Subjek penelitiannya yaitu peserta didik kelas IV. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa 1) Hasil belajar sebelum diterapkan media aplikasi canva pelajaran IPAS kelas IV SDN 03 Bukit Raya mencapai nilai ketuntasan 44% dengan kategori kurang baik. 2) Langkah-langkah penggunaan canva yang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik adalah dengan menggunakan soal essai. 3) Hasil belajar dengan menggunakan media interaktif berbasis aplikasi canva pada pelajaran IPAS kelas IV SDN 03 Bukti Raya pada siklus I mencapai 50% dan pada siklus II sebesar 100% dengan kategori sangat baik. 4) Peningkatan hasil belajar peserta didik pada saat diterapkan media interaktif berbasis aplikasi canva sebesar 50%. Setelah diperoleh data yang dihitung menyatakan bahwa dengan diterapkan media interaktif berbasis aplikasi canva terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.subject Media Interaktif en_US
dc.subject Canva en_US
dc.subject IPAS en_US
dc.title PENGGUNAAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS APLIKASI CANVA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS DIKELAS IV SEKOLAH DASAR 03 BUKIT RAYA KECAMATAN JAWAI en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account