Abstract:
Wulan Audyardani (12101049). "Pengaruh Perilaku Bullying Verbal Terhadap
Kepercayaan Diri Siswa di MTS Sirajul Ulum Pontianak". Program Studi Pendidikan
Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri
(IAIN) Pontianak 2025.
Bullying adalah tindakan agresif yang dilakukan secara sengaja dan berulang
ulang oleh seseorang atau sekelompok orang terhadap individu yang dianggap lebih
lemah. Tindakan ini bertujuan untuk menyakiti, mengintimidasi, atau merendahkan
korban, baik secara fisik, verbal, sosial, maupun digital. Jenis bullying yang kerap
ditemukan di sekolah adalah jenis bullying verbal termasuk yang terjadi di MTS Sirajul
Ulum Pontianak. Berdasarkan wawancara yang peneliti lakukan pada siswa siswi MTS
Sirajul Ulum Pontianak mereka kerap menerima bullying verbal dari temannya dan
membuat mereka merasa tidak nyaman dan mempengaruhi rasa percaya diri.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Tingkat bullying verbal
siswa di MTS Sirajul Ulum Pontianak 2) Tingkat kepercayaan diri siswa di MTS
Sirajul Ulum Pontianak 3) Pengaruh perilaku bullying verbal terhadap kepercayaan diri
siswa di MTS Sirajul Ulum Pontianak. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif dengan jenis penelitian ex-post facto. Populasi penelitian ini adalah 92 siswa
dan sampel pada penelitian ini berjumlah 48 siswa di MTS Sirajul Ulum Pontianak
dengan menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data
berupa komunikasi tidak langsung dan dokumentasi. Alat pengumpulan data yang
digunakan adalah angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan pada
penelitian ini yaitu sebagai berikut: 1) Analisis Instrumen, 2) Analisis Deskriptif, 3)
Analisis Prasyarat Data, 4) Uji Hipotesis.
Hasil penelitian menujukan bahwa: 1) Tingkat bullying verbal di MTS Sirajul
Ulum Pontianak pada lembar angket bullying verbal dapat diketahui bahwa nilai
minimum yaitu 49,00 dan nilai maksimum yaitu 90,00. Adapun nilai rata-rata (Mean)
yaitu 65,02 yang kemudian diolah secara persentase sebesar 72,24% dan termasuk
dalam kategori sedang. 2) Kepercayaan diri siswa di MTs Sirajul Ulum Pontianak
berdasarkan nilai lembar angket kepercayaan diri siswa diketahui bahwa nilai
minimum yaitu 40,00 dan nilai maksimum yaitu 78,00. Adapun nilai rata-rata (Mean)
yaitu 62,27 yang kemudian diolah secara persentase sebesar 79,83% dan termasuk
dalam kategori tinggi. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan dari bullying verbal
terhadap kepercayaan diri siswa. Hal ini berdasarkan uji hipotesis melalui analisis
regresi linier sederhana menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,002 < 0,05, dan 𝑡
β𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 > 𝑡 𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙= (-3,289 > 1,67866) maka 𝐻0 ditolak dan 𝐻𝑎 diterima.