PENGARUH PERILAKU BULLYING VERBAL TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA DI MTS SIRAJUL ULUM PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Kurniawan, Syamsul
dc.contributor.advisor Sari, Nopita
dc.contributor.advisor Nurrahmi, Hesty
dc.contributor.advisor Fazny, Bella Yugi
dc.contributor.author Audyardani, Wulan
dc.date.accessioned 2025-11-10T04:14:23Z
dc.date.available 2025-11-10T04:14:23Z
dc.date.issued 2025-10-15
dc.identifier.citation APA (American Psychological Association) en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7869
dc.description.abstract Wulan Audyardani (12101049). "Pengaruh Perilaku Bullying Verbal Terhadap Kepercayaan Diri Siswa di MTS Sirajul Ulum Pontianak". Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak 2025. Bullying adalah tindakan agresif yang dilakukan secara sengaja dan berulang ulang oleh seseorang atau sekelompok orang terhadap individu yang dianggap lebih lemah. Tindakan ini bertujuan untuk menyakiti, mengintimidasi, atau merendahkan korban, baik secara fisik, verbal, sosial, maupun digital. Jenis bullying yang kerap ditemukan di sekolah adalah jenis bullying verbal termasuk yang terjadi di MTS Sirajul Ulum Pontianak. Berdasarkan wawancara yang peneliti lakukan pada siswa siswi MTS Sirajul Ulum Pontianak mereka kerap menerima bullying verbal dari temannya dan membuat mereka merasa tidak nyaman dan mempengaruhi rasa percaya diri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Tingkat bullying verbal siswa di MTS Sirajul Ulum Pontianak 2) Tingkat kepercayaan diri siswa di MTS Sirajul Ulum Pontianak 3) Pengaruh perilaku bullying verbal terhadap kepercayaan diri siswa di MTS Sirajul Ulum Pontianak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex-post facto. Populasi penelitian ini adalah 92 siswa dan sampel pada penelitian ini berjumlah 48 siswa di MTS Sirajul Ulum Pontianak dengan menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data berupa komunikasi tidak langsung dan dokumentasi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu sebagai berikut: 1) Analisis Instrumen, 2) Analisis Deskriptif, 3) Analisis Prasyarat Data, 4) Uji Hipotesis. Hasil penelitian menujukan bahwa: 1) Tingkat bullying verbal di MTS Sirajul Ulum Pontianak pada lembar angket bullying verbal dapat diketahui bahwa nilai minimum yaitu 49,00 dan nilai maksimum yaitu 90,00. Adapun nilai rata-rata (Mean) yaitu 65,02 yang kemudian diolah secara persentase sebesar 72,24% dan termasuk dalam kategori sedang. 2) Kepercayaan diri siswa di MTs Sirajul Ulum Pontianak berdasarkan nilai lembar angket kepercayaan diri siswa diketahui bahwa nilai minimum yaitu 40,00 dan nilai maksimum yaitu 78,00. Adapun nilai rata-rata (Mean) yaitu 62,27 yang kemudian diolah secara persentase sebesar 79,83% dan termasuk dalam kategori tinggi. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan dari bullying verbal terhadap kepercayaan diri siswa. Hal ini berdasarkan uji hipotesis melalui analisis regresi linier sederhana menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,002 < 0,05, dan 𝑡 β„Ž𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 > 𝑡 𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙= (-3,289 > 1,67866) maka 𝐻0 ditolak dan 𝐻𝑎 diterima. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Bullying Verbal en_US
dc.subject Kepercayaan Diri en_US
dc.subject Siswa en_US
dc.title PENGARUH PERILAKU BULLYING VERBAL TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA DI MTS SIRAJUL ULUM PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US
ο»Ώ

Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account