Abstract:
Muldiansyah (11907025), Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas
Produk Terhadap Kesetiaan Nasabah Pada Bank Syariah Indonesia Cabang
Pontianak. Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak 2024 M/ 1445 H.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh kualitas
pelayanan berpengaruh terhadap kesetiaan nasabah pada Bank Syariah Indonesia
Cabang Kota Pontianak, 2) Pengaruh kualitas produk berpengaruh terhadap
kesetiaan nasabah pada Bank Syariah Indonesia Cabang Kota Pontianak, 3)
Pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk berpengaruh secara simultan
terhadap kesetiaan nasabah pada Bank Syariah Indonesia Cabang Kota Pontianak.
Peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian
pendekatan asosiatif. Sumber data menggunakan data primer yakni nasabah pada
Bank Syariah Indonesia Cabang Kota Pontianak. Sedangkan data sekunder
mengunakan data pendukung lainnya yang diperlukan untuk penelitian ini. Populasi
dalam penelitian ini nasabah Bank Syariah Indonesia Cabang Kota Pontianak yang
beralamat Jl. Jenderal Ahmad Yani, No.38 yang berjumlah 2.027 dengan tenik
sampel purposive sampling berdasarkan kriteria yang berjumlah 100 responden
nasabah Bank Syariah Indonesia Cabang Kota Pontianak. Teknik prngumpulan data
dengan berupa kuesioner dan studi pustaka. Kemudian teknik analisis data
penelitian melakukan uji instrumen penelitian (uji validitas dan uji reliabilitas), uji
asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinieritas, uji linieritas, dan uji
heteroskedastisitas), analisis regresi linier berganda, uji hipotesis (uji parsial (uji t),
uji simultan (uji F), dan koefisien determinasi (R2
)).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kualitas pelayanan mempunyai
pengaruh positif dan signifikan terhadap kesetiaan nasabah Bank Syariah Indonesia
Cabang Pontianak dengan nilai thitung 2,902 > dari pada nilai ttabel 1,984, 2) Kualitas
produk mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kesetiaan nasabah
Bank Syariah Indonesia Cabang Pontianak dengan nilai thitung 3,585 > dari pada nilai
ttabel 1,984, 3) Kualitas pelayanan dan kualitas produk secara simultan mempunyai
pengaruh yang signifikan terhadap kesetiaan nasabah, dengan nilai Fhitung 7,811 >
dari pada nilai Ftabel 3,09