Abstract:
Perkembangan dunia penyiaran yang tergolong ketat dibutuhkan
kemampuan untuk tetap menjaga pendengar agar tetap mendengarkan siaran.
Strategi pemprograman diperlukan dalam upaya menghasilkan program acara
yang selalu dinanti-nanti dan selalu diminati pendengar. Seperti halnya Radio
Kenari 101 FM yang memiliki program acara Irama Daerah Madura, yang mana
program acara tersebut mampu bertahan sejak 25 tahun yang lalu hingga saat ini.
Sehingga peneliti merasa tertarik untuk mendalami dan mengungkap data tentang
bagaimana strategi pemprograman radio Kenari 101 FM dalam meningkatkan
minat pendengar pada program acara irama daerah Madura. Mulai dari proses
produksi program acara Irama Daerah Madura sampai langkah-langkah yang
dilakukan dalam upaya untuk meningkatkan minat pendengar pada program acara
tersebut.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode
deskriptif, karena sesuai dengan sifat penelitian ini yang bertujuan untuk
menggambarkan apa adanya tentang strategi pemprograman Radio Kenari 101
FM dalam meningkatkan minat pendengar pada program acara irama daerah
Madura. Sumber data dalam penelitian ini termasuk manager operasioanal radio
Kenari 101 FM dan penyiar program acara irama daerah Madura. Lokasi
penelitian di stasiun Radio Kenari 101 FM Pontianak yang terletak di Jalan Sohor
atau Jalan Sumatra nomor 28 Pontianak Kalimantan Barat.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi yang digunakan
Radio Kenari sesuai dengan konsep strategi program yang dikemukakan Peter
Pringle yang terdiri dari perencanaan program, produksi program, eksekusi
program, serta pengawasan dan evaluasi program. Selain keempat tahapan dalam
strategi program, ada beberapa hal pokok yang menjadi faktor penting dalam
usaha untuk meningkatkan minat pendengar pada program acara Irama Daerah
Madura, yaitu : tema yang menarik, kompetensi narasumber, memperluasakses
program dan konsisten dalam ciri khas.