| dc.description.abstract |
IIS KURNIA, Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example
Berbantuan Media Gambar Terhadap Kemampuan Memahami Konsep
Matematika Peserta Didik Kelas V Di SD Negeri 17 Potianak Kota: Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah
Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025.
Tujuan penelitian ini adalah untuk : 1) mendeskripsikan kemampuan
memahami kosnsep peserta didik pada kelas kontrol; 2) langkah-langkah
penggunaan model pembelajaran example non example; 3) mendeskripsikan
memahami konsep peserta didik pada kelas eksperimen; 4) menguji pengaruh
signifikan terhadap kemampuan memahami konsep matematika peserta didik.
Penelitian ini merupakan penelitian pendekatan kuantitatif dengan
metode eksperimen menggunakan desain quasi eksperimental design. Lokasi
penelitian di SD Negeri 17 Pontianak KotaTahun Ajaran 2024/2025. Populasi
penelitian ini seluruh peserta didik kelas V yang berjumlah 64 orang. Sampel
penelitian ini adalah peserta didik kelas V B sebagai kelas kontrol dan kelas
V A sebagai kelas eksperimen. Teknik yang digunakan berupa obeservasi, tes
dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis
regresi.
Hasil penelitian ini di simpulkan: 1) Kemampuan peserta didik dalam
memahami konsep di kelas kontrol yaitu nilai pre-test 24,25 dan nilai posttest 66,59; 2) menampilkan gambar, menganalisis secara kelompok, diskusi,
presentasi hasil, serta evaluasi dan penutup; 3) kemampuan peserta didik
dalam memahami konsep matematika di kelas eksperimen yaitu nilai pre-test
50,31 dan nilai post-test 87,90; 4) terdapat pengaruh yang signifikan
penggunaan model pembelajaran example non example, berdasarkan uji
regresi diperoleh nilai F sebesar 0,03 dengan nilai signifiksi (p-value) 0,02
(<0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa kedua kelompok berpengaruh
signifikan terhadap kemampuan peserta didik dalam memahami konsep
matematika. |
en_US |