Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example Berbantuan Media Gambar Terhadap Kemampuan Memahami Konsep Matematika Peserta Didik Kelas V Di SD Negeri 17 Potianak Kota

Show simple item record

dc.contributor.advisor Kartini, Kartini
dc.contributor.advisor Septianawati, Desty
dc.contributor.advisor Rustanuarsi, Ressy
dc.contributor.advisor Ishak, Midyan Surya
dc.contributor.author Kurnia, Iis
dc.date.accessioned 2025-10-20T02:05:48Z
dc.date.available 2025-10-20T02:05:48Z
dc.date.issued 2025-07-09
dc.identifier.citation APA (American Psychological Association) en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7818
dc.description.abstract IIS KURNIA, Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example Berbantuan Media Gambar Terhadap Kemampuan Memahami Konsep Matematika Peserta Didik Kelas V Di SD Negeri 17 Potianak Kota: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025. Tujuan penelitian ini adalah untuk : 1) mendeskripsikan kemampuan memahami kosnsep peserta didik pada kelas kontrol; 2) langkah-langkah penggunaan model pembelajaran example non example; 3) mendeskripsikan memahami konsep peserta didik pada kelas eksperimen; 4) menguji pengaruh signifikan terhadap kemampuan memahami konsep matematika peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen menggunakan desain quasi eksperimental design. Lokasi penelitian di SD Negeri 17 Pontianak KotaTahun Ajaran 2024/2025. Populasi penelitian ini seluruh peserta didik kelas V yang berjumlah 64 orang. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas V B sebagai kelas kontrol dan kelas V A sebagai kelas eksperimen. Teknik yang digunakan berupa obeservasi, tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi. Hasil penelitian ini di simpulkan: 1) Kemampuan peserta didik dalam memahami konsep di kelas kontrol yaitu nilai pre-test 24,25 dan nilai posttest 66,59; 2) menampilkan gambar, menganalisis secara kelompok, diskusi, presentasi hasil, serta evaluasi dan penutup; 3) kemampuan peserta didik dalam memahami konsep matematika di kelas eksperimen yaitu nilai pre-test 50,31 dan nilai post-test 87,90; 4) terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran example non example, berdasarkan uji regresi diperoleh nilai F sebesar 0,03 dengan nilai signifiksi (p-value) 0,02 (<0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa kedua kelompok berpengaruh signifikan terhadap kemampuan peserta didik dalam memahami konsep matematika. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Model Pembelajaran Example Non Example en_US
dc.subject Media Gambar en_US
dc.subject Memahami Konsep en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example Berbantuan Media Gambar Terhadap Kemampuan Memahami Konsep Matematika Peserta Didik Kelas V Di SD Negeri 17 Potianak Kota en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account