Abstract:
MUHAMMAD REZA WINANDA, NIM. 2224100727. Pengaruh
Audio Visual Muri-Q (Murottal Irama Qur’an) dan Motivasi
terhadap Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Juz ‘Amma
pada Santri Pondok Pesantren Al-Ikhlas Al-Islamy Rasau
Jaya. Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Agama
Islam, Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN)
Pontianak, 2025.
Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh penggunaan Audio Visual Muri-Q (Murottal Irama
Qur’an) dan Motivasi terhadap Kemampuan Menghafal Al-Qur’an
Juz ‘Amma pada Santri Pondok Pesantren Al-Ikhlas Al-Islamy
Rasau Jaya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis
penelitian eksperimen dengan desain one-shot case study. Adapun
sampel penelitian ini berjumlah 32 orang dengan dasar pengambilan
sampel menggunakan teknik total sampling. Penelitian ini dilakukan
di Pondok Pesantren Al-Ikhlas Al-Islamy Rasau Jaya, dengan
jumlah sampel sebanyak 32 orang. Penelitian ini menggunakan
teknik angket, tes dan dokumentasi untuk mengumpulkan data.
Teknik analisis data melalui beberapa tahapan dimulai dengan
pengukuran outter model dengan menggunakan uji validitas dan
reliabilitas konstruk, kemudian pengukuran inner model dengan
menggunakan uji R2 dan F2 dan dilanjutkan melakukan uji hipotesis
bootstrapping dengan bantuan software Smart PLS 4.
Hasil penelitian ini menyimpulan bahwa: 1) terdapat
pengaruh langsung yang positif dan signifikan antara media Audio
Visual Muri-Q (Murottal Irama Qur’an) terhadap kemampuan
menghafal Al-Qur’an, dengan nilai koefisien sebesar 0,823, T
statistics 14,229, dan p-value 0,000. 2) Motivasi juga berpengaruh
langsung secara positif dan signifikan terhadap kemampuan
menghafal Al-Qur’an, dengan nilai koefisien 0,717, T-statistics
7,237, dan p-value 0,000. 3) Selain itu, Audio Visual Muri-Q
xi
(Murottal Irama Qur’an) memberikan pengaruh tidak langsung
secara positif dan signifikan terhadap kemampuan menghafal Al
Qur’an melalui motivasi sebagai variabel mediasi, dengan nilai
koefisien 0,537, T-statistics 6,139, dan p-value 0,000. Temuan ini
menegaskan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis audio
visual tidak hanya meningkatkan aspek kognitif hafalan, tetapi juga
mampu membangkitkan motivasi internal santri, yang berperan
penting dalam memperkuat hasil hafalan Al-Qur’an. Oleh karena itu,
pendekatan pembelajaran berbasis multimedia seperti audio visual
Muri-Q (Murottal Irama Qur’an) menjadi solusi inovatif yang efektif
dalam mendukung program tahfidz di lingkungan pesantren.