Pengaruh Audio Visual Muri-Q (Murottal Irama Qur’an) dan Motivasi terhadap Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Juz ‘Amma pada Santri Pondok Pesantren Al-Ikhlas Al-Islamy Rasau Jaya

Show simple item record

dc.contributor.advisor Muttaqin, Imron
dc.contributor.advisor Yuliarto, Udi
dc.contributor.advisor Sukino, Sukino
dc.contributor.advisor Kurniawan, Syamsul
dc.contributor.author WINANDA, MUHAMMAD REZA
dc.date.accessioned 2025-09-25T04:17:41Z
dc.date.available 2025-09-25T04:17:41Z
dc.date.issued 2025-08-25
dc.identifier.citation APA (American Psychological Association) en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7715
dc.description.abstract MUHAMMAD REZA WINANDA, NIM. 2224100727. Pengaruh Audio Visual Muri-Q (Murottal Irama Qur’an) dan Motivasi terhadap Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Juz ‘Amma pada Santri Pondok Pesantren Al-Ikhlas Al-Islamy Rasau Jaya. Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Audio Visual Muri-Q (Murottal Irama Qur’an) dan Motivasi terhadap Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Juz ‘Amma pada Santri Pondok Pesantren Al-Ikhlas Al-Islamy Rasau Jaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen dengan desain one-shot case study. Adapun sampel penelitian ini berjumlah 32 orang dengan dasar pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Penelitian ini dilakukan di Pondok Pesantren Al-Ikhlas Al-Islamy Rasau Jaya, dengan jumlah sampel sebanyak 32 orang. Penelitian ini menggunakan teknik angket, tes dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Teknik analisis data melalui beberapa tahapan dimulai dengan pengukuran outter model dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas konstruk, kemudian pengukuran inner model dengan menggunakan uji R2 dan F2 dan dilanjutkan melakukan uji hipotesis bootstrapping dengan bantuan software Smart PLS 4. Hasil penelitian ini menyimpulan bahwa: 1) terdapat pengaruh langsung yang positif dan signifikan antara media Audio Visual Muri-Q (Murottal Irama Qur’an) terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an, dengan nilai koefisien sebesar 0,823, T statistics 14,229, dan p-value 0,000. 2) Motivasi juga berpengaruh langsung secara positif dan signifikan terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an, dengan nilai koefisien 0,717, T-statistics 7,237, dan p-value 0,000. 3) Selain itu, Audio Visual Muri-Q xi (Murottal Irama Qur’an) memberikan pengaruh tidak langsung secara positif dan signifikan terhadap kemampuan menghafal Al Qur’an melalui motivasi sebagai variabel mediasi, dengan nilai koefisien 0,537, T-statistics 6,139, dan p-value 0,000. Temuan ini menegaskan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis audio visual tidak hanya meningkatkan aspek kognitif hafalan, tetapi juga mampu membangkitkan motivasi internal santri, yang berperan penting dalam memperkuat hasil hafalan Al-Qur’an. Oleh karena itu, pendekatan pembelajaran berbasis multimedia seperti audio visual Muri-Q (Murottal Irama Qur’an) menjadi solusi inovatif yang efektif dalam mendukung program tahfidz di lingkungan pesantren. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Audio Visual en_US
dc.subject Muri-Q en_US
dc.subject Motivasi en_US
dc.subject Kemampuan en_US
dc.subject Menghafal en_US
dc.subject Al-Qur’an en_US
dc.title Pengaruh Audio Visual Muri-Q (Murottal Irama Qur’an) dan Motivasi terhadap Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Juz ‘Amma pada Santri Pondok Pesantren Al-Ikhlas Al-Islamy Rasau Jaya en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account