| dc.description.abstract |
NELY, 12110050. Nilai Nilai Pendidikan Pancasila Dalam Tradisi Tumbang Apam Di Desa Kubu Kecamatan Kubu Kabupaten Kubu Raya. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, Tahun 2025.
Tujuan peneltian ini yaitu: 1). Untuk mendeskripsikan nilai religius Pendidikan Pancasila dalam tradisi Tumbang Apam di desa Kubu. 2). Untuk mendeskripsikan nilai estetika Pendidikan Pancasila dalam tradisi Tumbang Apam di desa Kubu. 3). Untuk mendeskripsikan nilai gotong royong Pendidikan Pancasila dalam tradisi Tumbang Apam di desa Kubu. 4). Untuk mendeskripsikan nilai moral Pendidikan Pancasila dalam tradisi Tumbang Apam di desa Kubu. 5). Untuk mendeskripsikan nilai toleransi Pendidikan Pancasila dalam tradisi Tumbang Apam di desa Kubu.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Sumber data dalam penelitian ini terbagi menjadi dua yaitu sdata primer didapatkan dari masyarakat, kubu dan data sekunder dari kegiatan yang dilakukan mengarah ke nilai nilai Pendidikan pancasila dalam tradisi tumbang apam di desa Kubu, teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumetasi. Teknik analisis data dilakukan dengan kondensasi data, penyajian data, data dan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan peneliti dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode serta member check.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan: 1). Nilai religius terlihat melalui doa dan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. 2). Nilai estetika tampak dalam kreativitas dan keindahan penyajian apam. 3). Nilai gotong royong tercermin dari kerja sama seluruh warga dalam mempersiapkan acara. 4). Nilai moral terwujud dalam sikap saling menghormati dan menjaga sopan santun. 5). Nilai toleransi terlihat dari keterbukaan masyarakat terhadap keberagaman. |
en_US |