| dc.description.abstract |
FITRIANI (11813174), Implementasi Modul Ajar Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 69 Sungai Raya: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri Pontianak (2025). Pada pentingnya penggunaan modul ajar sebagai salah satu perangkat ajar kurikulum merdeka yang dirancang untuk mendukung kegiatan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan: 1. Untuk mengetahui implementasi modul ajar pembelajaran Bahasa Indonesia pada kegiatan awal kelas IV di Sekolah Dasar Negeri 69 Sungai Raya, 2. untuk mengetahui implementasi modul ajar pembelajaran Bahasa Indonesia pada kegiatan inti kelas IV di Sekolah Dasar Negeri 69 Sungai Raya, 3. untuk mengetahui implementasi modul ajar pembelajaran Bahasa Indonesia pada kegiatan penutup kelas IV di Sekolah Dasar Negeri 69 Sungai Raya. Metode penelitian ini yaitu deskriptif dengan pendekatan kualitatif. penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 69 Sungai Raya. Instrumen pengumpulan data berupa pedoman observasi dan pedoman dokumentasi. Data yang diperoleh ini bersumber dari interaksi peneliti dengan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi modul ajar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia berjalan cukup efektif. Guru memanfaatkan modul ajar sebagai panduan dalam merancang kegiatan pembelajaran yang interaktif dan kontekstual. Modul ajar membantu guru dalam menyusun tujuan pembelajaran, materi, serta asesmen yang sesuai dengan karakteristik peserta didik. Secara keseluruhan, penggunaan modul ajar memberikan dampak positif terhadap peningkatan keterlibatan dan pemahaman peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. |
en_US |