dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatar belakangi bahwa hasil belajar rendah dalam proses
pembelajaran guru hanya menggunakan sumber belajar buku ajar sehingga hal ini
mempengaruhi hasil belajar peserta didik dalarr proses pembelajaran sebagaimana
data avval yang peneliti temukan yaitu dari 25 peserta didik hanya 38% yang
mendapatkan nilai di atas rata-rata 70.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan
Kelas yang terdiri dan beberapa tahap yakni: tahap perencanaan, tahap
pelaksanaan, tahap pengamatan, tahap refleksi dan tahap tindak lanjut. Adapun
bentuk penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sumber data dalam
penelitian ini adalah: peserta didik dan guru kelas IV B. Pelaksanaan
pengumpulan data dalam teknik observasi langsung dan teknik pengukuran.
Kemudian data dianalisis dengan cara kuantitatif.
Hasil penelitian ini dapat menyimpulkan: 1 ). Hasil belajar peserta didik
sebelum memanfaatkan lingkungan alam sebagai sumber belajar pada tema daerah
tempat tinggalku kelas IV SDN 20 Pontianak hanya memperoleh rata-rata 24.8
belum memenuhi KKM yaitu 70.00. Perolehan hasil tersebut dikarenakan guru
tidak menggunakan sumber belajar yang dapat membuat peserta didik semakin
bersemangat dalam belajar dan lebih ceria. 2). Meningkatkan hasil belajar peserta
didik dengan memanfaatkan lingkungan alam sebagai sumber belajar pada tema
daerah tempat tinggalku kelas IV SDN 20 Pontianak pada siklus I memperoleh
rata-rata 76 dan pada siklus II memperoleh rata-rata 92.8 dan 3). Terdapat
peningkatkan hasil belajar peserta didik dengan memanfaatkan lingkungan alam
sebagai sumber belajar pada tema daerah tempat tinggalku kelas IV SDN 20
Pontianak terdapat peningkatan hasil belajar dari siklus I hingga siklus II sebesar
16.8.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Lingkungan Alam, Pembelajaran Tematik |
en_US |