| dc.description.abstract |
SALAWATI 12110143, "Pengembangan Media Buku Digital Pada Mata Pelajaran Matematika di SDN 26 Pontianak Tenggara. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025.Penelitian ini dilatarbelakangi karena pemahaman konsep pembelajaran matematika di kelas V masih rendah. Penyebabnya adalah peserta didik menganggap banyak rumus matematika membingungkan serta hafalan pada materi perkalian 1 sampai 10 masih minim. Selain itu, di era media pembelajaran yang sudah bervariasi dan memanfaatkan teknologi, media buku digital belum pernah digunakan dan penggunaan media lainnya dalam proses pembelajaran masih sangat minim. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana proses define, design, development, dan disseminate dalam mengembangkan media pembelajaran buku digital pada materi perkalian pecahan.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan atau Research and Development (RnD) dengan model 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan yang terdiri dari define,design, develop, and disseminate. Adapun sumber data pada penelitian ini ialah wali kelas VB dan peserta didik kelas VB SDN 26 Pontianak Tenggara. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data ialah teknik wawancara, expert Judgement, angket, dan dokumentasi. Sedangkan alat pengumpulan data yang digunakan adalah pedoman wawancara, lembar validasi, lembar angket, dan alat elektronik. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif dan kuatitatif.Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa, 1) tahap define terdiri dari analisis awal menunjukan metode didominasi oleh ceramah dan penugasan, media buku digital belum pernah diterapkan dalam pembelajaran. Analisis peserta didik lebih menyukai pembelajaran dengan media, kesulitan dalam konsep dasar matematika. Analisis materi sesuai dengan capaian pembelajaran dan menyusun materi secara sistematis. Analisis tugas dilakukan dengan mengukur kompetensi. Tujuan pembelajaran dirumuskan sebagai panduan pengembangan media buku digital, 2) tahap design merupakan perancangan yang terdiri dari pemilihan materi yaitu perkalian pecahan, pemilihan format buku digital, dan rancangan awal melalui storyboard, 3) tahap develop berupa penilaian kualitas media buku digital terdiri dari 3 aspek yaitu materi, media dan bahasa memperoleh skor CVI sebesar 1 dengan kategori “Sangat Tinggi”, uji coba kepraktisan secara terbatas kepada wali kelas VB memperoleh hasil persentase 100% dengan kategori “Sangat Praktis”. Uji coba kepraktisan secara terbatas kepada peserta didik kelas VB dengan jumlah 29 orang memperoleh hasil 85% dengan kategori “Sangat Praktis”. Dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian buku digital ini dinyatakan valid dan dapat digunakan oleh peserta didik, 4) tahap disseminate mencakup bentuk produk akhir buku digital, pengemasan media dalam aplikasi Flip PDF Corporate dan diubah menggunakan Website APK Builder agar bisa diakses menggunakan handphone dan laptop, serta difusi dan adopsi dilakukan dgan memperkenalkan di kelas dan menyebarkan di link aplikasi kepada wali peserta didik". |
en_US |