Abstract:
SUPRIADI, NIM. 22341006. Penggunaan Kitab Al manhajut
Ta’līmīuntuk Memahami Ilmu Tajwid Dan Ketepatan
Membaca Al Qur’an (Kasus Di Ponpes Dārul iḥsan Sungai
Rengas). Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Agama
Islam, Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN)
Pontianak, Tahun 2025.
Kemampuan membaca Al-Qur’an dengan benar merupakan
salah satu tujuan utama dalam pembelajaran di pondok pesantren.
Namun kenyataannya, tidak sedikit santri yang masih mengalami
kesulitan dalam memahami ilmu tajwid, khususnya dalam
pengucapan huruf-huruf hijaiyah serta penerapan hukum-hukum
tajwid dalam bacaan. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, di
antaranya metode pembelajaran yang masih konvensional dan
penggunaan kitab-kitab klasik yang memerlukan pemahaman
bahasa Arab tingkat lanjut. Menyikapi kondisi tersebut, Kitab Al
manhajut Ta’līmī hadir sebagai salah satu alternatif pembelajaran
tajwid yang lebih praktis dan mudah dipahami, terutama bagi santri
tingkat menengah ke bawah.
Kitab ini menggunakan sya’ir bahasa Arab Melayu dan
disusun dalam bentuk bait-bait sederhana sehingga lebih mudah
dihafal dan dipahami oleh para santri. Penelitian ini dilaksanakan di
Pondok Pesantren Darul Ihsan Sungai Rengas dengan menggunakan
pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi
langsung, wawancara mendalam, serta dokumentasi kegiatan
pembelajaran.
Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Kitab Al
manhajut Ta’līmī sangat membantu proses pemahaman santri dalam
mempelajari tajwid, mulai dari makharijul huruf, sifatul huruf,
hingga hukum-hukum bacaan lainnya. Kitab ini juga mendorong
peningkatan kemampuan santri dalam membaca Al-Qur’an dengan
lebih tepat dan tartil. Secara keseluruhan, penggunaan kitab ini tidak
hanya mempermudah proses belajar tajwid, tetapi juga turut
xi
mendukung pencapaian kualitas lulusan pesantren yang memiliki
bacaan Al-Qur’an yang baik dan benar sesuai kaidah tajwid.