Penggunaan Kitab Al Manhajut Ta’līmīuntuk Memahami Ilmu Tajwid Dan Ketepatan Membaca Al Qur’an

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sahri, Sahri
dc.contributor.advisor Hasmy, Ali
dc.contributor.advisor Rahmatullah, Muhammad
dc.contributor.advisor Yuliarto, Udi
dc.contributor.author SUPRIADI, SUPRIADI
dc.date.accessioned 2025-09-16T02:52:50Z
dc.date.available 2025-09-16T02:52:50Z
dc.date.issued 2025-07-29
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7688
dc.description.abstract SUPRIADI, NIM. 22341006. Penggunaan Kitab Al manhajut Ta’līmīuntuk Memahami Ilmu Tajwid Dan Ketepatan Membaca Al Qur’an (Kasus Di Ponpes Dārul iḥsan Sungai Rengas). Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, Tahun 2025. Kemampuan membaca Al-Qur’an dengan benar merupakan salah satu tujuan utama dalam pembelajaran di pondok pesantren. Namun kenyataannya, tidak sedikit santri yang masih mengalami kesulitan dalam memahami ilmu tajwid, khususnya dalam pengucapan huruf-huruf hijaiyah serta penerapan hukum-hukum tajwid dalam bacaan. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, di antaranya metode pembelajaran yang masih konvensional dan penggunaan kitab-kitab klasik yang memerlukan pemahaman bahasa Arab tingkat lanjut. Menyikapi kondisi tersebut, Kitab Al manhajut Ta’līmī hadir sebagai salah satu alternatif pembelajaran tajwid yang lebih praktis dan mudah dipahami, terutama bagi santri tingkat menengah ke bawah. Kitab ini menggunakan sya’ir bahasa Arab Melayu dan disusun dalam bentuk bait-bait sederhana sehingga lebih mudah dihafal dan dipahami oleh para santri. Penelitian ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Darul Ihsan Sungai Rengas dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi langsung, wawancara mendalam, serta dokumentasi kegiatan pembelajaran. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Kitab Al manhajut Ta’līmī sangat membantu proses pemahaman santri dalam mempelajari tajwid, mulai dari makharijul huruf, sifatul huruf, hingga hukum-hukum bacaan lainnya. Kitab ini juga mendorong peningkatan kemampuan santri dalam membaca Al-Qur’an dengan lebih tepat dan tartil. Secara keseluruhan, penggunaan kitab ini tidak hanya mempermudah proses belajar tajwid, tetapi juga turut xi mendukung pencapaian kualitas lulusan pesantren yang memiliki bacaan Al-Qur’an yang baik dan benar sesuai kaidah tajwid. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Kitab en_US
dc.subject Al Manhajut Ta’līmī en_US
dc.subject Pemahaman en_US
dc.subject Ilmu en_US
dc.subject Tajwid en_US
dc.subject Ketepatan en_US
dc.subject Membaca Al-Qur’an en_US
dc.title Penggunaan Kitab Al Manhajut Ta’līmīuntuk Memahami Ilmu Tajwid Dan Ketepatan Membaca Al Qur’an en_US
dc.title.alternative Kasus Di Ponpes Dārul Iḥsan Sungai Rengas en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account