Abstract:
Minat sebagai aspek kejiwaan bukan hanya mewarnai perilaku seseorang
untuk melakukan aktivitas yang menyebabkan seseorang merasa tertarik kepada
sesuatu, tetapi juga dapat dikatakan sebagai sikap subyek atas dasar adanya
kebutuhan dan keingintahuan untuk memenuhi kebutuhan yang dipengaruhi oleh
beberapa faktor yaitu faktor psikologis, rasional dan budaya.
Adapun tujuan dari penelitian ini yang pertama adalah untuk mengetahui:
1) faktor psikologis pada minat nasabah menabung di BSM Cabang Ketapang, 2)
faktor rasional pada minat nasabah menabung di BSM Cabang Ketapang, 3)
faktor budaya pada minat nasabah menabung di BSM Cabang Ketapang.
Metode penelitan yang digunakan adalah metode deskriptif dengan
pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengambilan data pada penelitian ini
menggunakan teknik: 1) observasi, 2) wawancara, 3) dokumentasi. Teknik
analisis data menggunakan 1) reduksi data, 2) penyajian data, 3) penarikkan
kesimpulan, 4) kesimpulan akhir. Untuk keabsahan data penelitian ini
menggunakan: 1) member check 2) trianggulasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) faktor psikologis pada minat
nasabah adalah pertama, motivasi dimana didalam motivasi nasabah menabung
salah satunya untuk menjalankan perintah agama. Kedua, persepsi, dimana salah
satu presepsi nasabah adalah BSM Cabang Ketapang sudah memenuhi syariat
Islam. Ketiga, pengetahuan, dimana salah satu pengetahuan nasabah adalah
pengetahuan tentang BSM itu sendiri dan yang terakhir dalam faktor psikologis
adalah sikap dimana salah satu sikap nasabah adalah antara lain: adanya pengaruh
dari pihak keluarga dan perusahaan. 2) Faktor rasional yang mempengaruhi
nasabah adalah pertama, keuntungan/nisbah bagi hasil dan kedua, perhitungan
bisnis yaitu keuntungan finansial. 3) faktor budaya yang mempengaruhi nasabah
adalah kebudayaan antara lain kebiasaan nasabah dan yang terakhir adalah sub-
budaya antara lain agama/kepercayaan nasabah.