ANALISIS FAKTOR PSIKOLOGIS, RASIONAL, DAN BUDAYA PADA MINAT NASABAH MENABUNG DI BANK SYARIAH MANDIRI CABANG KETAPANG

Show simple item record

dc.contributor.advisor Iqbal, Ichsan
dc.contributor.advisor Hanis, Rianda
dc.contributor.author HAJIJAH
dc.date.accessioned 2022-06-17T14:24:59Z
dc.date.available 2022-06-17T14:24:59Z
dc.date.issued 2018-12-19
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/764
dc.description.abstract Minat sebagai aspek kejiwaan bukan hanya mewarnai perilaku seseorang untuk melakukan aktivitas yang menyebabkan seseorang merasa tertarik kepada sesuatu, tetapi juga dapat dikatakan sebagai sikap subyek atas dasar adanya kebutuhan dan keingintahuan untuk memenuhi kebutuhan yang dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor psikologis, rasional dan budaya. Adapun tujuan dari penelitian ini yang pertama adalah untuk mengetahui: 1) faktor psikologis pada minat nasabah menabung di BSM Cabang Ketapang, 2) faktor rasional pada minat nasabah menabung di BSM Cabang Ketapang, 3) faktor budaya pada minat nasabah menabung di BSM Cabang Ketapang. Metode penelitan yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan teknik: 1) observasi, 2) wawancara, 3) dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan 1) reduksi data, 2) penyajian data, 3) penarikkan kesimpulan, 4) kesimpulan akhir. Untuk keabsahan data penelitian ini menggunakan: 1) member check 2) trianggulasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) faktor psikologis pada minat nasabah adalah pertama, motivasi dimana didalam motivasi nasabah menabung salah satunya untuk menjalankan perintah agama. Kedua, persepsi, dimana salah satu presepsi nasabah adalah BSM Cabang Ketapang sudah memenuhi syariat Islam. Ketiga, pengetahuan, dimana salah satu pengetahuan nasabah adalah pengetahuan tentang BSM itu sendiri dan yang terakhir dalam faktor psikologis adalah sikap dimana salah satu sikap nasabah adalah antara lain: adanya pengaruh dari pihak keluarga dan perusahaan. 2) Faktor rasional yang mempengaruhi nasabah adalah pertama, keuntungan/nisbah bagi hasil dan kedua, perhitungan bisnis yaitu keuntungan finansial. 3) faktor budaya yang mempengaruhi nasabah adalah kebudayaan antara lain kebiasaan nasabah dan yang terakhir adalah sub- budaya antara lain agama/kepercayaan nasabah. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Minat Nasabah en_US
dc.subject Perbankan Syariah id
dc.subject Menabung id
dc.subject Ketapang id
dc.title ANALISIS FAKTOR PSIKOLOGIS, RASIONAL, DAN BUDAYA PADA MINAT NASABAH MENABUNG DI BANK SYARIAH MANDIRI CABANG KETAPANG en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account